Web Analytics Made Easy - Statcounter
ToT Analisis Jaringan Media Sosial dan Literasi Digital - jaWAra Internet Sehat

Khairul Syafuddin | jaWAra InternetSehat Jakarta

Kegiatan Training of Trainer (ToT) Analisis Jaringan Media Sosial dan Literasi Digital dalam program Jawara Internet Sehat 2022 di Universitas Sahid (Usahid) sudah dimulai. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dibuka pada Jumat, 5 Agustus 2022. Pada pertemuan pertama di tanggal tersebut, kegiatan ToT yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Usahid dibuka oleh Dekan Fikom Usahid, Dr. Mirza Ronda, M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Mirza Ronda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan dukungan dari Fikom Usahid dalam pengimplementasian kegiatan literasi digital di lingkungan kampus. Melalui kegiatan ini diharapkan akan muncul generasi-generasi muda yang dapat menjadi pilar penting dalam peningkatan kesadaran, pengetahuan, dan keilmuan masyarakat di bidang literasi digital.

Kegiatan ini diawali dengan materi pengenalan 4 pilar literasi digital, yaitu cakap bermedia digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. Dalam kegiatan ini para peserta cukup antusias untuk memahami materi yang diberikan. Selain pengenalan 4 pilar tersebut, mereka juga dikenalkan terkait materi dari analisis jaringan media sosial. Materi yang diberikan pada hari pertama ini menjadi pengantar mereka untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan menyiapkan peserta untuk menjadi aktivis sekaligus pemateri di bidang literasi digital. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari dalam waktu 2 bulan. 3 hari di bulan Agustus peserta dibekali materi terkait 4 pilar literasi digital dan materi dalam pembuatan bahan presentasi. 3 hari di bulan September peserta diberikan bekal terkait analisis jaringan media sosial, khususnya untuk menelusuri konten yang bernuansa ujaran kebencian ataupun hoaks. Di akhir pelatihan ini, peserta dibetikan tes untuk mengetahui kemampuan mereka dalam membuat materi dan menyampaikannya.