Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Makin Cakap Digital Bersama JaWAra Internet Sehat

JaWAra Internet Sehat adalah sebuah program untuk mendorong anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk dapat berperan serta dalam program Indonesia Makin Cakap Digital. Dengan semangat dan kapabilitasnya, mereka akan menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing.

Program ini hasil kerjasama ICT Watch dan WhatsApp dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Relawan TIK Indonesia, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Pemerintah Daerah dan komunitas lokal.

TUJUAN – 4K

Tujuan Kegiatan

Kapasitas

Meningkatkan kapasitas pegiat digital di Indonesia untuk dapat mendorong kegiatan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing.

Kolaborasi

Membangun kerja sama dengan para pemangku kepentingan yang lebih luas di daerah untuk bersama membangun literasi digital.

Komunitas

Menciptakan penggiat dan pelopor literasi digital di banyak daerah yang dapat meningkatkan literasi digital di daerahnya.

Kredibel

Membangun dokumentasi kegiatan literasi digital yang dapat dijadikan contoh untuk kegiatan serupa di daerah lainnya.

ISU

ISU UTAMA

Hoaks

Ribuan hoaks tersebar melalui berbagai kanal. Mulai dari isu kesehatan sampai isu agama, politik, dan sebagainya. Anak muda bertindak nyata mengajak masyarakat berpikir kritis dan menangkal hoaks.

Privasi

Sebaran link phising kian bermunculan, mencuri data pengguna internet yang mudah tergiur dengan iming-iming kuota gratis, bantuan pemerintah, hadiah milyaran, dan sebagainya. Anak muda bergerak menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga privasi.

Bekerja Sama dengan

ICT Watch

WhatsApp

Kementerian Kominfo

Didukung oleh