Web Analytics Made Easy - Statcounter
Remaja Keren Melek Literasi Digital, Anti Pergaulan Bebas - jaWAra Internet Sehat

Alfikri Fauzi, M.Pd, JaWAra Internet Sehat Riau, mengunjungi Pondok Pesantren Syafa’atur Rasul 2 Putra untuk mengajak santri melek digital agar terhindar dari pergaulan bebas yang dapat merusak masa depan.

Maraknya angka kekerasan seksual saat ini berkaitan erat dengan banyaknya akses konten negatif yang ada di media digital. Dunia digital ibarat sebuah pasar yang menawarkan semuanya, termasuk konten pornografi dan pelecehan. Jika tidak bijak dan cerdas dalam menggunakannya, remaja termasuk santri akan terpengaruh untuk melakukan pergaulan bebas yang membahayakan. 

Upaya pencegahan pergaulan bebas yang terjadi akibat tidak terkendalinya informasi di dunia digital ini harus disetarakan dengan memberikan pendidikan terhadap anak tentang keamanan saat beraktivitas di media sosial.  

Untuk itu Alfikri berupaya untuk memberikan pemahaman kepada santri remaja agar melek digital dan anti pergaulan bebas melalui edukasi literasi digital. Santri juga merupakan kelompok yang rentan akan konten negatif meskipun selama di pondok mereka tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Namun saat di luar pesantren mereka tetaplah remaja yang tak bisa lepas dari penggunaan gadget.

Dalam rangka membekali santri akan kemampuan literasi digital, pada tanggal 21 Oktober 2022, JaWAra Internet Sehat Riau bersama Bits lap, Barisan Muda Riau Kabupaten Kuantan Singingi  RIAU menyelenggarakan Seminar Remaja Keren Anti Pergaulan Bebas dan Melek Literasi Digital di Pesantren Syafa’aturrasul Putra 2 Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau

Kegiatan yang diikuti oleh 450 santri putra ini memberikan pemahaman tentang bahaya pergaulan bebas yang sering ditiru oleh remaja saat mengakses internet. Menariknya meskipun dilaksanakan di siang hari, para santri tetap antusias mendengarkan pemaparan materi. Mereka pun juga bercerita bahwa selama di pondok tidak dibolehkan membawa handphone, namun ilmu literasi digital tetaplah bermanfaat dan diperlukan saat mereka sudah bisa mengakses handphone seperti saat liburan atau berada di luar pondok. 

KH. DR HAMDANI PURBA LC, MA selaku Pimpinan Pondok Pesantren Syafa’atur Rasul 2 Putra  mengungkapkan rasa senangnya karena diadakannya kegiatan ini untuk membekali santri agar lebih melek digital “Terima kasih banyak kepada JaWAra internet Sehat 2022 dan Bits Lap, semoga para santri lebih paham penggunaan media digital” ujarnya. (ria)