Web Analytics Made Easy - Statcounter
[Redaksi JNN] Camat Boleng Membuka Kegiatan Lonto Cama Literasi Digital - jaWAra Internet Sehat

MANGGARAI BARAT-JNN.CO.ID| Camat Kecamatan Boleng, Yohanes Suhardi, S.PT membuka secara resmi kegiatan Lonto Cama Literasi Digital, “Pramuka Cerdas Pramuka Mantap” yang dilaksanakan pada Rabu, 24 Agustus 2022 betempat SMKN 1 Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Dalam sambutanya Suhardi mengatakan, “Indonesia Makin Cakap Digital” adalah sebuah inisiatif bersama untuk mendorong literasi digital di Indonesia. Presiden Joko Widodo sendiri menegaskan bahwa literasi digital adalah kerja besar, dan pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMKN 1 Boleng, berterimakasih kepada Dinas Kominfo manggarai barat dan JaWAra Internet Sehat 2022 yang telah mememilih SMKN 1 Boleng sebagai tuan rumah.

“Sekolah kami baru, namun upaya untuk membangun karakter dan agar mereka paham tentang digital menjadi vokus utama kami, apalagi mendukung labuan bajo sebagai destinasi super premium,” ungkapnya.

Kegiatan Lonto Cama Literasi Digital, “Pramuka Cerdas Pramuka Mantap” adalah kegiatan kolaborasi anatara Jawara Intenet sehat NTT, Gerakan Pramuka Komodo dan dinas Kominfo manggarai Barat.

Jawara Inetnet sehat terbentuk atas kerja sama Kominfo RI, ICT Watch dengan WhatsApp, mengambil peran untuk dapat membantu meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia, dengan rangkaian kegiatan Edukasi Literasi Digital, dengan salah satu aktivitas yang dijalankan adalah peningkatan kapasitas anak muda dari berbagai daerah di Indonesia melalui program Youth Movement for Digital Literacy : JaWAra Internet Sehat.

Fauzi Nilhak sebagai pematateri dari Dinas Kominfo memenjelaskan banyak hal terkait Literasi digital dan perkembangan labuan bajo sebagai site event G20 dan beberapa kegiatan Nasional dan internasional, menjelaskan dampak penggunaan media dan manfaat media social.

Sedangkan JaWAra Intenet sehat, rudiyanto memarkan bagaimana menangkal hoax dan bagaiman menjaga privasi pada media social, “semua yang kita upload hari ini adalah jejak digital yang akan dibaca oleh siapapun dikemudian hari, jadi menulislah yang baik, buatlah konten yang baik krn apa yang kita tulis disitulah karakter kita sebenanya”.

Dalam sesi jawara, dibagi dua kelas, pertama untuk Kelas SMP dan SMA, beebentuk kelas didkusi, memetakkan empat aplikasi, apa manfaat dan apa dampak buruk dari empat aplikasi yang mreka ketahui

Kelas Kedua yaitu Kelas SD, anak anak SD di jari berman ular tangga literasi, ular tangganya berisi hal hal terkait dunia dijital, anaka anak dijari berman dan belajar.

Hadir dalam kegiatan teresebut, Kepala SMKN 1 Boleng, Kepala SDI Cowang, kepas SDN Terang, Gurus MTS Al Arsy Terang, Guru MIS Terang, DKR komdo serta tokoh masyarakat. *(RED)

[Publikasi Media: https://jnn.co.id/berita/26978/advertorial/camat-boleng-membuka-kegiatan-lonto-cama-literasi-digital/]