Literasi Digital untuk Mahasiswa Capai 600 peserta

Literasi Digital untuk Mahasiswa Capai 600 peserta

Workshop Literasi digital merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Jawara Internet Sehat Bengkulu guna memberi edukasi seputar cara meminimalisir hoaks dan mengamankan privasi. Selaras dengan itu Jawara Internet sehat Bengkulu mengadakan workshop literasi digital secara online pada mahasiswa KKN UM Bengkulu.

kegiatan ini dipandu oleh Intan Novriza yang juga merupakan profesional broadcaster di provinsi Bengkulu. Diawali dengan kata Sambutan dari Bapak Sunaryadi selaku ketua LPPM UM Bengkulu, dilanjutkan kata sambutan sekaligus Materi seputar hoaks di Whatsapp oleh Ibu Ester Samboh selaku perwakilan Whatsapp indonesia. Beliau juga membahas betapa bahayanya Informasi apabila tidak disaring kebenanarannya dan menghimbau pada mahasiswa KKN untuk saring sebelum sharing. Senada dengan hal itu, Bapak Indriyatno Banyimurti selaku perwakilan whatsapp juga melengkapi materi seputar hoaks yang terjadi di Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa tips menghindari hoaks bisa melakukan langkah ” ABC” yakni, Amati isinya, Baca sampai habis dan Cermati sumbernya.

Pada materi berikutnya terkait pengamanan privasi ada Jawara Internet Sehat Bengkulu, Wiwie, yang berkesempatan memberikan materi pada Mahasiswa KKN UM Bengkulu. Wiwie menyampaikan bahwa sudah seharusnyalah kita waspada dan selalu menjaga data pribadi kita dengan baik. Karena potensi pencurian data pribadi bisa menimpa siapa saja. Disamping itu beliau juga menyampaikan tips seputar menjaga data pribadi dan langkah apa yang bisa diambil ketika data pribadi bocor. Perkuat Password, ganti email secara berkala, pastikan tidak menggunakan Wi-fi umum. Materi berikutnya disampaikan oleh Jawara Internet Sehat lainnya, Ria M Fasha. Beliau menyampaikan terkait kreatifitas pembuatan blog. Beliau memberi arahan bagaimana cara meningkatkan skill menulis yang baik di ranah blog dan kiat-kiat menjadi blogger yang konsisten. Terakhir materi diisi oleh Bapak Eka Sahputra yang juga merupakan Dosen UM Bengkulu dan perwakilan dari Relawan TIK Bengkulu. Beliay menyampaiakan materi pembuatan video dana kiat kiat pembuatannya. Hal ini tentunya selaras dengan kegiatan mahasiwa KKN UM Bengkulu yang nantinya akan mengabadikan momen KKN berupa video dan akan di upload juga di youtube.

Tentunya kegiatan workshop ini memiliki misi dengan harapan mahasiswa KKN UM Bengkulu bisa menjadi agen literasi digital di daerahnya masing-masing. Hal ini juga akan terus berlanjut pada kegiatan jawara internet sehat berikutnya dengan harapan yang sama, agar masyarakat di Provinsi Bengkulu makin cakap digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *