Web Analytics Made Easy - Statcounter
[Lombok Info] Kolaborasi JaWAra Internet Sehat dan SMPK Tunas Daud Mataram, Siap Ciptakan Konten Bermanfaat - jaWAra Internet Sehat

Lombok Info – Jumat (19/8), workshop pembuatan blog yang digagas oleh JaWAra Internet Sehat NTB 2022 bekerja sama dengan komunitas Begibung Blogger Lombok tiba di lokasi terakhir dari total 4 sekolah menengah pertama yang dikunjungi. Kali ini giliran SMPK Tunas Daud Mataram yang digandeng untuk berkolaborasi, belajar bagaimana menciptakan konten yang sehat, yang bermanfaat.

Dalam sambutannya, Bapak Yafet Agustinus Malanguna, S.Th, selaku Kepala SMPK Tunas Daud Mataram, menyambut baik kegiatan positif seperti ini. Menurutnya, belajar bisa di mana saja, pelajaran tidak hanya yang didapatkan di ruang kelas saat jam pelajaran. Tetapi juga pada kegiatan lainnya, saat mengikuti lomba, atau workshop begini misalnya. Lebih dari itu, ia pun optimis siswa-siswi yang mengikuti workshop pembuatan blog ini nantinya menjadi agen, pelopor, yang kelak akan mengajarkan hal yang sama pula pada teman-teman kelasnya.

“Dunia digital ini terus berkembang. Penting bagi kita yang setiap harinya senantiasa berhadapan dengan internet, untuk cakap digital. Termasuk mengetahui bagaimana membuat postingan blog yang baik, bermanfaat, dan tidak mengandung hoaks”, tambahnya.

Bertempat di ruang komputer SMPK Tunas Daud Mataram, hadir 27 peserta yang berasal dari berbagai tingkatan kelas. Dipilihnya sejumlah peserta ini bukan tanpa alasan, pihak sekolah berharap dengan jumlah yang sesuai dengan kapasitas ruangan, para peserta dapat belajar secara efektif dan efisien. Sehingga materi yang diterima bisa diserap dan dipraktikkan dengan baik, yang kemudian dapat diajarkan pula pada teman-temannya yang tidak berkesempatan mengikuti workshop.


Para peserta demikian antusiasnya mengikuti workshop yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut. Termasuk siswa-siswi kelas 9 yang baru-baru ini menerima materi pembuatan blog yang diajarkan oleh guru komputer mereka. Dari workshop tersebut, mereka jadi ada gambaran akan menulis apa nantinya, tahu bagaimana etika membuat postingan di blog, memahami konten yang sehat itu seperti apa, dan tentu saja termotivasi untuk bisa berprestasi lewat ngeblog.

Bagaimana tidak, selain Andy Hardiyanti yang merupakan JaWAra Internet Sehat NTB 2022, hadir pula sebagai narasumber, Lalu Alfian Rifa’i, seorang blogger Lombok yang dikenal berprestasi. Prestasi Alfian diantaranya yaitu pada lomba blog yang diadakan oleh BPK-RI, Kemenkes, Writingthon Asian Games, dan masih banyak lagi.

Selama ini, sekolah yang berlokasi di Jalan I Gusti Jelantik Gosa No.23 B Mataram tersebut memang dikenal telah menorehkan banyak prestasi, baik pada bidang akademik maupun non-akademik. Tak heran jika para peserta blogging workshop ini kian tertarik untuk menciptakan konten di blog, dan mulai mencari tahu bagaimana cara berprestasi di sana.

“Saya sudah membuat blog dari beberapa bulan yang lalu. Dengan mengikuti workshop ini, saya jadi lebih semangat untuk menuliskan apa saja yang saya senangi. Entah itu tentang materi pelajaran, atau menulis objek wisata yang saya kunjungi”, jelas Jovan Nathaniel, salah satu peserta yang berasal dari kelas IX.

Daphne Baby Ivania, siswi kelas VIII, yang merupakan perwakilan NTB pada ajang Puteri Anak Indonesia 2022 di Jakarta, Oktober mendatang, tertarik untuk menuliskan perjalanannya dalam mengikuti berbagai kontes. Menurutnya, di halaman blog pribadi, di halaman blog pribadi, banyak hal yang bisa ia ceritakan.

Tak hanya oleh Jovan maupun Baby, siapa sangka dalam waktu 3 jam workshop, berbagai postingan blog lahir sebagai karya para pelajar SMPK Tunas Daud Mataram. Mulai dari cerita perjalanan, catatan materi belajar di sekolah, puisi, tips, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang didukung sejumlah pihak tersebut, yakni IndiHome, Adhitama, Nutsafir, Roti Gembong Mandalika, Mafindo Mataram dan Lombok Info ini adalah workshop keempat (terakhir) dalam rangkaian Blogging Workshop di 4 SMP se-Kota Mataram dan Lombok Barat, antara lain SMP Negeri 6 Mataram, Pesantren Alam Sayang Ibu, SMP Negeri 13 Mataram, dan SMP Tunas Daud. **

[Link Publikasi: