Web Analytics Made Easy - Statcounter
Kapolda Riau Buktikan Dukung RTIK, Ribuan Bhabinkamtibmas Ikuti Workshop Literasi Digital - jaWAra Internet Sehat

[SuaraRiau.id]- Sebanyak 1.018 personel Bhabinkamtibmas Polda Riau mendapatkan materi workshop terkait literasi dan kecakapan digital dalam kegiatan apel bersama di Hotel Labersa Kampar pada Rabu (7/9/2022).

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam paparannya menyambut baik edukasi yang dilakukan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) terkait kecakapan digital terhadap anggotanya.

Diketahui, ribuan anggota Bhabinkamtibmas tersebut datang langsung dari pelosok daerah yang ada di seluruh wilayah Riau.

Kapolda Iqbal dalam paparannya, menyampaikan bahwa kehadiran ribuan Bhabinkamtibmas tersebut membuktikan semangat personelnya untuk belajar tentang kecakapan digital tak diragukan lagi.

“Membuktikan semangat literasi dan kecakapan digital anggota bukan kaleng-kaleng,” ungkap dia disambut tawa peserta.

Kapolda Iqbal juga menyampaikan bahwa workshop meskipun singkat sangat diperlukan para anggota Bhabinkamtibmas untuk nantinya disebarkan ke masyarakat terkait antisipasi menangkal informasi hoaks atau bohong.

Acara yang ditandai pemukulan gong ini juga diisi dengan pemaparan singkat terkait cara teknis mengenali informasi hoaks yang kerap terjadi di masyakarat. Para narasumber membagikan tips cek hoaks melalui aplikasi yang telah disediakan.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan TIK Fajar Eri Dianto membeberkan bahwa gelaran literasi digital segmen Polri merupakan acara paling akbar, dibuktikan dengan antusias personel sangat tinggi.

“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak layanan pada terciptanya kenyamanan dan keamanan masyarakat terutama di ranah digital membuat ketertarikan peserta pada materi sangat tinggi,” ucap Fajar.

Ia berharap nantinya Bhabinkamtibmas menjadi penjamin teknologi yang aman, nyaman daan bermanfaat bagi masyarakat luas, hal ni akan dapat menekan hoaks sekaligus juga menumbuhkan ekonomi digital melalui pengawalan pemanfaatan literasi digital di masyarakat luas.

Fajar menyatakan dirinya salut dengan inisiatif Kapolda Riau yang sangat paham terhadap kompetensi digital standar yang wajib di miliki oleh anggota Polri di era digital ini.

Bhabinkamtibmas adalah juga dokter digital bagi warganya menjalankan fungsi pengayom secara keseluruhan, menganyomi masyarakat dalam berteknologi, semoga Kapolda daerah lainnya terinspirasi untuk mengikuti langkah inisiatif Kapolda Riau,” sebut dia.

Ketua RTIK Riau Ary Sandy menyatakan berterima kasih kepada Polda Riau atas kolaborasi menfasilitasi kegiatan polisi cakap digital.

“Acara Literasi Digital di Polda Riau ini tidak akan terjadi tanpa support penuh Kapolda Riau yang memandang sangat penting personel Polda Riau harus Cakap Digital,” ujar Ary Sandy.

Diketahui, acara tersebut juga diisi oleh narasumber lain di antaranya Direktur Pemberdayaan Informasi Ditjen Aptika Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto, perwakilan ICT Watch Donny Budi Utoyo dan Widuri serta Pembina RTIK Riau Hisam Setiawan.

Mereka memaparkan soal empat pilar literasi digital, di antaranya keamanan digital, etika digital dan budaya digital serta kecakapan digital.

Apel bersama Bhabinkamtibmas ini juga dihadiri Ketua Umum MUI Riau Ilyas Husti, Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR) Dadang Syarif serta para pejabat utama Polda Riau.