Literasi Informasi agar Warga Mau Vaksinasi

Literasi Informasi agar Warga Mau Vaksinasi

Warga di kecamatan Tanjung Bintang masih banyak yang belum melakukan vaksin, dikarenakan masih banyak mendengar berita bahwa banyak masyarakat yang mengalami kelumpuhan ataupun terkena penyakit setelah melakukan vaksin. Hoaks yang menyebar setiap hari makin menciutkan nyali untuk melakukan vaksinasi.

Kondisi tersebut dijawab oleh jaWAra InternetSehat yang bekerja sama dengan Relawan TIK Lampung,  Kampus IIB Darmajaya Lampung dengan menggelar program jaWAra Masuk Desa.

Pada 15 November 2021 Kecamatan Tanjung Bintang akan melakukan vaksin di beberapa Puskesmas desa, dan sebelum kegiatan vaksin dilaksanakan perangkat desa memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang Literasi digital dan Berita yang tidak benar seputar efek samping dari vaksin. Materi dari penyuluhan tersebut adalah hasil dari kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya oleh jaWara InternetSehat.

Yaitu pada 13 Oktober 2021 TIM JaWAra InternetSehat lampung melakukan workshop di desa Jati Indah dan Desa Jati Indah. Ini merupakan salah desa yang ada di Kecamatan Tanjung Bintang. 

Workshop di Desa Jati Indah mendapatkan antusiasme peserta yang luar biasa, namun karena keterbatasan tempat kapasitas peserta dibatasi hanya sampai 75 orang saja. 

Dari kegiatan di Desa Jati Indah itulah tim JaWAra Interset sehat dan Relawan TIK Lampung dihubungi oleh Sekcam dari Kecamatan Tanjung Bintang untuk memberikan Literasi Digital kepada para aparatnya, agar nantinya setelah para aparatur desa diberikan pelatihan serta pemahaman tentang pentingnya keamanan digital serta bagaimana menangani misinformasi yang berhubungan dengan covid 19. Dari workshop itulah kini apartur desa dapat memberikan pelatihan kepada masyarakatnya/warganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *