Literasi Digital Berkesan di Tambun Selatan

Literasi Digital Berkesan di Tambun Selatan

Minggu, 19 September 2021 Jawara Internet Sehat Kabupaten Bekasi menggelar Roadshow Literasi Digital di Kecamatan Tambun Selatan, tepatnya di RW 41 Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan dengan tema “Nyok, Kita Maen Internet Yang Bener”.

Saat ini Indonesia bahkan dunia dipaksa masuk era digital sejak terdampak Covid-19. Di mana arus informasi begitu derasnya masuk bak tsunami melalui media-media digital. Hal ini tentu saja memiliki dampak positif dan negatif, salah satu dampak positifnya mudah dan luasnya mencari akses informasi, mudahnya berkomunikasi dan lain-lain.

Namun ada pula dampak negatif yang mengiringinya, seperti banyak beredar kabar hoaks, ujaran kebencian, kebocoran data pribadi dan lain sebagainya.

Bekasi Raya sebagai pengguna facebook peringkat kedua di dunia dalam kategori wilayah urban sejumlah 21 juta pengguna menurut laporan We Are Social and HootSuite, bertajuk “Digital 2021” yang dirilis pertama kali pada Kamis (11/2).

Maka ICT Watch bekerja sama dengan WhatApps merasa perlu diadakannya edukasi mengenai Literasi Digital agar meminimalisir dampak negatif penggunaan internet tersebut melalui Roadshow yang diadakan oleh JaWAra Internet Sehat juga bersama dengan Relawan TIK Kabupaten Bekasi, Forum TBM Kabupaten Bekasi dan KOPRI PMII STAI HAS.

Roadshow yang mengusung tema “Nyok Maen Internet yang Bener!” itu diisi oleh dua Narasumber, yaitu Nyimas Indriana, influencer asal Jakarta dan Ira Pelitawati, pegiat literasi sekaligus relawan TIK Kabupaten Bekasi.

Penyampaian Nyimas Indriana yang berfokus memberikan pemahaman tentang etika bersosial media mampu menyulap kantuk menjadi luruh dengan gaya anak muda yang kekinian.

Begitu pula Ira Pelitawati yang menyampaikan tentang hoak dengan menyelipkan candaan di antara materi setidaknya peserta roadshow bisa lebih bijak lagi dalam menerima dan sebar-sebar informasi, menyaring infomasi dan beretika dalam bermedia sosial.

Acara yang dihadiri oleh 50 peserta dari warga RW 41 Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan itu berlangsung sekitar 2,5 jam dari pukul 09.30 WIB sampai 12.00 WIB alhamdulillah berlangsung dengan khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Acara pun diakhiri dengan pembagian hadiah dan sesi foto bersama.

Salam Literasi 👆

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *