Aparat Belajar Jaga Data Pribadi, Lawan Disinformasi

Aparat Belajar Jaga Data Pribadi, Lawan Disinformasi

Subulussalam – Bappeda Kota Subulussalam bekerjasama dengan Jawara Internet Sehat Aceh mengadakan workshop untuk meningkatkan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kota Subulussalam terutama Bappeda Kota Subulussalam di bidang Literasi Digital pada Jumat (12/11/2021) di Aula Bappeda Kota Subulussalam. 

Tema workshop yang diambil adalah “Jaga Data Pribadi, Lawan Disinformasi”.

Kepala Bappeda Kota Subulussalam, Ramadhan, ST, MM., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kita harus pandai memilah dalam menggunakan internet. Jika tidak, informasi yang kita dapatkan akan berdampak negatif. Bahkan, hal yang lebih berbahaya lagi adalah data pribadi kita menjadi informasi bagi orang lain, yang tentunya berdampak negatif ke kita nantinya. 

“Menurut Kominfo ri, ada 4 hal pentingnya menjaga data pribadi: (1) Menghindari intimidasi online terkait gender; (2) Mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab; (3) Menghindari potensi pencemaran nama baik; (4) Memiliki hak kendali atas data pribadi.” papar Kepala Bappeda Kota Subulussalam. 

Pemaparan materi dilakukan oleh Reza Aulia dari Komunitas JaWAra Internet Sehat Aceh. pemaparan yang berlangsung selama 1 jam lebih ini menarik beberapa peserta pada slide Privasi dan Data Pribadi. dimana pemateri menampilkan slide berupa Celana Dalam(CD) yang menunjukkan bahwa password sama hal nya dengan celana dalam, dimana password harus sering di ganti agar terjaga dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait perlindungan data, dimana salah satu peserta menanyakan bagaimana cara menghapus data pada e-commerce dan aplikasi lainnya. diskusi tanya jawab yang berlangsung sangat menarik ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Subulussalam. dan acara di akhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta.

Workshop ini dihadiri oleh seluruh staf Bappeda Kota Subulussalam dan perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Subulussalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *