Edukasi Literasi Digital di Negeri Junjungan

Edukasi Literasi Digital di Negeri Junjungan

Senin, 13 September 2021 | Assistancing and Strengthening Workshops ” 5.0 Urgensi Edukasi dan Literasi Digital ” | Digital Literacy Series

JaWAra kembali hadir dengan membangun kolaborasi bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Sebagai langkah konkrit dan upaya dalam menjalankan program dan kegiatan Edukasi Literasi Digital mendukung Indonesia Makin Cakap Digital dengan target peserta dari unsur umum dan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Kegiatan dilaksanakan dengan sistem daring melalui Zoom conference dengan mengangkat materi tentang pentingnya peranan orangtua dalam mendampingi anak di era digital dan materi bagaimana menyikapi hoaks khususnya covid-19 dan vaksinasi serta meningkatkan keamanan digital.

Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, adalah konsep dasar dan utama kita seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu memberikan dedikasi dan aksi yang lebih baik dan bermanfaat untuk seluruh aspek kehidupan saat ini dan di masa yang akan datang.

Masuknya wabah COVID-19 di Indonesia memberikan  peluang  sekaligus  tantangan  baru  bagi  masyarakat  di dunia digital. Peluang muncul dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan beragam penggunaan  untuk berbagai  macam aktivitas produktif,  termasuk  bekerja dan  belajar.  Akan tetapi  hal ini juga beriringan  dengan  munculnya  beragam  tantangan, seperti  makin  maraknya dan berkembangnya berita dan informasi hoaks/disinformasi terkait  COVID-19 dan Vaksinasi, tantangan terkait privasi dan data pribadi di media sosial, aplikasi chatting, email, marketplace dan platform lainnya. dan berbagai kriminal phising and scamming yang dilakukan oleh para pelaku yang tidak bertanggungjawab. Perlunya pengasuhan dan pengawasan secara langsung dengan membangun kerjasama seluruh lapisan masyarakat khususnya orangtua dalam mendampingi anak di era digital saat ini sangat memberi pengaruh penting agar anak-anak lahir sebagai best digital native person serta menghindari dari tindak kejahatan dan kriminal seperti cyberbullying, akses konten dan video negatif dan kejahatan lainnya di era digital yang terus berkembang saat ini dan ke depannya.

Pada kegiatan ini, hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Bapak Drs. Johansyah Syafri. Dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi, beliau memberikan apresiasi sebesar-besarnya dengan program yang dihadirkan sebagai langkah kita bersama dalam menyikapi dan menghadapi berbagai tantangan dunia digital yang terus berkembang pesat khususnya peranan orangtua dalam mendampingi anak, pentingnya dengan bijak dan tepat untuk mengantisipasi hoaks atau disinformasi serta pentingnya menjaga dan meningkatkan keamanan data pribadi dan akun media sosial yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari, dan di kesempatan yang sama, beliau menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dedikasi dan edukasi yang telah dilaksanakan sehingga akan terus hadir dan lahir pemuda-pemuda Bengkalis yang peduli dan memberikan pengabdian dan dedikasi tinggi dalam membantu dan mendukung program-program di Pemerintah khususnya Kabupaten Bengkalis sebagai langkah bersama menuju Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Informasi dapat juga dikunjungi di https://decroom.wordpress.com/2021/09/13/edukasi-literasi-digital-di-negeri-junjungan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *