Web Analytics Made Easy - Statcounter
Edukasi Hoaks dan Privasi Dunia Digital di SMPN 7 Palu - jaWAra Internet Sehat

Yuli Trisyaningsih, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Tengah kembali mengadakan Roadshow Literasi Digital untuk memberikan pemahaman mengenai hoaks dan privasi di dunia digital. Kegiatan kali ini dilaksanakan di SMPN 7 Palu yang dihadiri siswa-siswi juga para guru.

Roadshow Literasi Digital JaWAra Internet Sehat Sulawesi Tengah merupakan program literasi digital yang dilaksanakan secara luring untuk siswa/siswi tingkat SMP dan SMA yang terletak di 7 lokasi dan 5 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah. Salah satu sekolah yang dikunjungi yaitu SMPN 7 Palu. 

Kegiatan di sekolah ini berlangsung pada tanggal 21 Oktober 2022. Siswa/siswi sangat antusias saat mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Yuli dan pemateri lainnya. Mereka diajak untuk memahami penggunaan media digital yang baik serta diajarkan tentang bagaimana menjaga privasi saat menggunakan internet. 

Karena tak dapat dipungkiri, informasi yang ada di internet sangat beragam. Jika tidak hati-hati dan bijak dalam menggunakannya, siswa/siswi akan mudah terjebak dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.  Untuk itu penting untuk tahu cara membedakan berita yang benar atau berita hoaks serta melawan hoaks dengan saring sebelum sharing.

Siswa/siswi dan guru pun merasakan manfaat setelah mengikuti kegiatan roadshow literasi digital ini. Mereka mendapatkan informasi tentang cara aman menggunakan internet dan semakin semangat memanfaatkan internet untuk hal-hal positif. 

Roadshow pun diakhiri dengan tanya jawab dan kuis untuk mengecek pemahaman siswa SMPN 7 Palu. 3 pertanyaan yang diberikan pun dijawab dengan baik. Mereka yang terpilih mendapatkan doorprize dari panitia.

Agar edukasi literasi digital ini dapat tersebar lebih luas, JaWAra Internet Sehat pun mengadakan lomba komik strip untuk pelajar di Sulawesi Tengah. Mereka dapat menuangkan gagasan dan informasi yang sudah didapatkan sebelumnya saat mengikuti Roadshow Literasi DIgital. 

Peserta dapat mengikuti perlombaan tersebut secara personal maupun mewakili sekolahnya masing-masing. Lomba Komik Strip yang bertemakan Jaga Privasi/ Melawan Hoaks nantinya akan diposting di media sosial pribadi maupun sekolah. Akan dipilih 3 komik strip terbaik dan 1 komik strip terfavorit yang dipilih melalui jumlah like terbanyak. (ria)