Web Analytics Made Easy - Statcounter
Desa Batu Menyan, Tangguh Hadapi Hoaks yang Bertebaran - jaWAra Internet Sehat

Aliy Hafiz, JaWAra Internet Sehat Lampung, mengajak masyarakat Desa Batu Menyan untuk tangguh hadapi hoaks melalui edukasi yang disampaikannya pada seminar literasi digital.

Konten-konten hoaks atau berita bohong tidak dapat dihindarkan di era teknologi informasi saat ini. Derasnya arus informasi, membuat kita sudah susah membedakan mana berita benar mana berita bohong atau hoaks. Hal ini terjadi karena setiap orang bisa mengakses informasi secara cepat dan mudah, hanya berbekal ponsel pintar dan internet. Guna mengurangi tersebarnya hoaks dan dengan mencerdaskan penggunanya, maka Aliy Hafiz selaku JaWAra Internet Sehat Lampung, tergerak untuk melakukan edukasi literasi digital.

Bertempat di Desa Batu Menyan Kab Pesawaran Lampung, digelarlah kegiatan bertajuk Seminar Literasi Digital Desa Tangguh Tanggap Informasi Hoaks, pada 13 Oktober 2022. Dengan menggandeng Kantor Desa Batu Menyan, Dinas PMD Kab Pesawaran, RTIK Bandar Lampung, dan ITBA Dian Cipta Cendikia sebagai mitra, hadir sejumlah 53 orang peserta yang merupakan masyarakat Desa Batu Menyan.

Seminar yang digelar sebagai salah satu bentuk edukasi tersebut, merupakan bentuk kepedulian atas maraknya penyebaran hoaks di tengah masyarakat khususnya di tempat, Aliy Hafiz selaku JaWAra Internet Sehat Lampung berada. Meski akses internet sudah masuk di sini, namun pada kenyataannya koneksivitasnya belumlah stabil layaknya di daerah perkotaan. Kondisi pembangunan yang tidak merata pun membuat tidak meratanya pula Sumber Daya Manusia yang cakap digital. Sementara sudah menjadi cita-cita kita semua untuk menjadikan masyarakat makin cakap digital. Itulah mengapa Desa Batu Menyan dijadikan lokasi edukasi literasi digital. Tujuannya tidak lain, agar edukasi tersebut dimulai dari lokasi terdekat dari tempat kita tinggal.

Kegiatan positif ini rupanya mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik masyarakat maupun para perangkat desa. Peserta yang hadir pun melebihi jumlah yang diperkirakan, sehingga beberapa orang diantaranya harus duduk di luar aula kantor desa. Kepala Desa Batu Menyan, Bapak Syahruji, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada JaWAra Internet Sehat Lampung yang telah menginisiasi kegiatan baik ini. Sehingga harapannya kelak masyarakat di desanya bisa semakin tanggap akan konten hoaks yang bertebaran. Tidak serta merta mempercayainya dan panik karena konten tersebut.

Selain, Kepala Desa Batu Menyan, hadir pula beberapa tamu undangan lainnya, yakni: Rifki Indrawa selaku Ketua RTIK Lampung, Dr. Herman Susilo dari Dinas PMD Analis dan Evaluasi Desa, serta Verawati selaku Kaprodi Manajemen Informatika ITBA DCC.

Kolaborasi yang baik ini tentu saja diharapkan dapat terus berlanjut. Tak hanya di Desa Batu Menyan, tetapi juga menjangkau desa-desa lain di Lampung. Agar kelak masyarakatnya makin cakap digital, dan tangguh menangkal hoaks. (ah)