Hoaks Musuh Bersama Bagi Ibu Rumah Tangga

Hoaks Musuh Bersama Bagi Ibu Rumah Tangga

Pada era digital yang begitu cepat bergerak ini kita dihadapkan dengan derasnya informasi, mulai dari situs berita hingga media sosial semuanya bisa diakses dengan sentuhan jari. Kondisi ini memberikan dampak positif maupun negatif. Di antara satu dampak positifnya adalah mudahnya kita menjangkau kabar terkini hanya dalam hitungan detik. Sayangnya, di saat yang bersamaan kita juga dihadapkan dengan dampak buruk, di antaranya yang paling sering kita rasakan tanpa sadar adalah tantangan untuk mengenali kebenaran sebuah informasi. Hal ini dapat dilakukan di mana saja bahkan oleh siapa saja, mulai dari kalangan muda hingga ibu rumah tangga.

Reza dari komunitas Jawara Internet Sehat melihat bahwa salah satu kalangan yang menjadi penyebar dan penerima pesan tercepat adalah ibu rumah tangga, sehingga perlu adanya edukasi yang baik kepada kalangan yang dimaksud.

Para peserta yang didominasi oleh komunitas dan beberapa ibu-ibu ini sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh dua narasumber. Salah satu di antaranya dapat menangkap dengan baik permasalahan terkait hoax di lingkungannya, sehingga dia menanyakan “kita ketahui bahwa informasi begitu banyak tersebar dikalangan masyarakat, tentu saja penyebarannya melalui media mainstream dan media non-mainstream. Bagaimana tips dalam mencerna sebuah informasi yang didapatkan?” Tidak mau kalah dengan kaum ibu, Sinta seorang mahasiswa juga menanyakan terkait akun facebook yang sudah di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Reza menjelaskan bahwa ketika didapati sebuah informasi melalui media, maka tahapan yang paling diperhatikan, apakah media tersebut resmi atau bukan? Media resmi merupakan media yang memiliki lembaga hukum, dan selanjutnya reza juga menjelaskan jangan terpancing dengan judul yang dibuat oleh sebuah media, harus membaca isinya dengan habis agar semua informasi utuh didapatkan.

Diakhir acara, peserta yang bertanya diberikan beberapa doorprize. Dan panitia juga menyediakan e-wallet bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber. Dan setelah penutupan acara diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *