Web Analytics Made Easy - Statcounter
Workshop Pelajar Perceka, Tingkatkan Kecakapan Digital - jaWAra Internet Sehat

Iwan Ridwan, JaWAra Internet Sehat Jawa Barat mengunjungi SMAN 1 Teluk Jambe Karawang untuk mengadakan event puncak rangkaian Roadshow Karawang Makin Cakap Digital yang sudah digelar sejak Juli hingga September. 

Workshop Pelajar Perceka (Pelajar Karawang Makin Cakap Digital) pada tanggal 27 September 2022 dilakukan secara hybrid di SMAN 1 Teluk Jambe serta ditayangkan via siaran youtube JaWAra Internet Sehat Jabar. Kegiatan ini diikuti seluruh anggota OSIS dan MPK serta perwakilan murid kelas 12 di SMAN 1 Teluk Jambe Karawang.

Iwan mengungkapkan SMAN 1 Teluk Jambe menjadi sekolah pertama yang mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah kegiatan Pelajar Percaka. Hal ini pun disambut baik oleh Kepala SMAN 1 Telukjambe Udih Samsudin. Ia mengapresiasi dan bangga karena sekolahnya terpilih untuk dikunjungi oleh Relawan TIK dan JaWAra Internet Sehat

“Sungguh kesempatan berharga bagi sekolah kami sekaligus momen yang baik untuk para pelajar yang terlibat menjadi perwakilan peserta untuk menjadi agen perubahan bagi sesama dalam menghadapi tantangan era digital,” ujar Udih.

Menurutnya, event yang digagas oleh para pegiat TIK ini memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kemampuan digital para pelajar, baik itu budaya digital, etika digital, kecakapan digital, hingga keamanan digital. 

Event literasi digital kali ini turut diisi dengan sesi training motivasi dari M Imron, Founder Life Project. Ia menjelaskan bahwa situasi mentalitas para pelajar saat ini berada dalam zona yang butuh stimulus dan pendampingan agar bisa memanfaatkan kecanggihan tanpa jadi korban maupun tersangka. Anak-anak terlihat antusias mengikuti sesi pembinaan mental dan kepemimpinan.

Materi pentingnya keamanan digital disampaikan oleh Iwan Ridwan. Menurutnya, dengan maraknya kasus kebocoran data, para pelajar harus menyadari bahwa data pribadi sangat berharga. “Mari lindungi data pribadi kita, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Kita jaga diri, teman, dan keluarga kita dari ancaman di dunia digital,” tuturnya. 

Narsumber lainnya, Nurlana Sanjaya membagikan pengalamannya dalam membuat konten kreatif di media sosial ataupun platform lainnya. Ia mengajak para pelajar untuk lebih aktif dan produktif. Tidak hanya menjadi penonton/konsumen. “Mari mulai dari sekarang mulai aktif dan konsisten dalam berkarya di dunia digital sesuai passion yang kita miliki dan ciptakan konten-konten positif,” paparnya.

Dua sesi berikutnya para pelajar dibekali dengan etika dan budaya digital. Bu Rianawati mengajak para pelajar untuk tetap beretika di dunia digital, sama disiplin dan sopannya seperti halnya di dunia nyata. “Mari bijak menggunakan teknologi, jangan asal komen, apalagi memposting konten negatif ataupun ujaran kebencian dan SARA karena sudah ada UU ITE,” ujarnya. 

Sementara itu, Andra Nurhaliza selaku Duta Baca Jabar 2022 yang juga Duta Baca Karawang 2021 mengajak para siswa untuk tetap kritis dan aktif dalam menuntaskan masalah yang ada di sekitarnya dengan memberdayakan literasi.

Kehadiran pemateri yang cakap di bidang digital ini memberi wawasan baru bagi pelajar SMAN 1 Telukjambe. Seperti yang disampaikan oleh Ketua OSIS (Ghania Efran) dan Ketua MPK (Ananda Vikri) bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mereka dan teman-teman sehingga bisa menyebarluaskan pentingnya mempersiapkan diri menghadapi peluang dan tantangan media digital. (ria)