Wayang Literasi Menarik Perhatian Masyarakat Mesuji

Wayang Literasi Menarik Perhatian Masyarakat Mesuji

Berita hoaks sedang marak tersebar di berbagai media, kebanyakan dari masyarakat kurang paham dalam membedakan mana yang merupakan berita atau informasi yang akurat serta mana yang merupakan berita dan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

“Masyarakat merupakan tujuan akhir hoaks diproduksi. Apabila masyarakat memiliki pengetahuan dan daya kritis, hoaks yang beredar tidak akan mampu menimbulkan berbagai polemik.” Kata Catur Agus Ariyanto, seorang pemuda yang tergerak untuk melakukan literasi digital untuk masyarakat di sekitarnya dengan kesenian wayang literasi.

Wayang literasi merupakan pagelaran kesenian wayang yang dikemas dalam bentuk video atau film. Wayang ini menceritakan bagaimana bahaya hoaks serta cara penanggulangannya. Ini merupakan kegiatan kombinasi antara kebudayaan dengan literasi digital yang harapannya akan menarik minat masyarakat untuk menonton wayang. Diharapkan masyarakat mudah mengingat pesan dari karakter wayang yang merupakan karakter buatan pemuda asli Mesuji.

Pagelaran ini ditonton live pada 3 November 2021 di Kabupaten Mesuji, Lampung di hadapan sekira 350 warga. Catur Agus Ariyanto, seorang jaWAra InternetSehat dari Mesuji, yang menggagas wayang literasi digital ini berharap kegiatan kesenian ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Ia ingin masyarakat Mesuji bisa dan mulai sadar akan pentingnya literasi digital dan memahami akan hoaks yang beredar di masyarakat.

Mau nonton wayang literasi, silakan nikmati tayangannya di bawah ini! (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *