Tarik Pasar Lebih Dekat Beli Produk Lokal

Tarik Pasar Lebih Dekat Beli Produk Lokal

Tak sedikit orang berani ambil langkah membuka bisnis baru sebagai cara untuk memutar roda ekonomi di tengah pandemi. Bahkan yang sudah memulai usaha juga berusaha mengembangkan usahanya supaya tetap laris di tengah peliknya kehidupan pandemi COVID-19.

Bagi pelaku UMKM yang terbiasa beraktivitas konvensional atau tatap muka, mau tidak mau harus beralih sepenuhnya ke dunia digital. Berjualan secara daring justru membuka potensi pasar yang lebih luas. Namun, potensi tersebut perlu dibarengi dengan kemampuan e-marketing atau pemasaran digital di media sosial.

Muchammad Rifqi Maulana dan Istifaroh, JaWAra Internet Sehat perwakilan Pekalongan di Jawa Tengah, memahami adanya gap antara di antara pelaku UMKM dengan dunia digital. 

Untuk mengisi gap tersebut, duo JaWara Internet Sehat ini melakukan roadshow workshop di beberapa wilayah Jawa Tengah, mulai dari Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pemalang. 

Mereka menyelenggarakan “Workshop Privasi Digital dan Optimalisasi Media Sosial untuk Digital Marketing” dimulai pada 9 Oktober 2021. Peserta yang dilatih sekira 30-40 orang yang terdiri dari mahasiswa, komunitas, UMKM, dan orang tua.

Dalam offline workshop tersebut, Rifqi dan Istifaroh memaparkan pembahasan seputar privasi digital, optimalisasi media sosial, serta tips cara membuat desain kreatif dengan Canva sebagai salah satu teknik pemasaran produk.

Mereka berdua berharap workshop ini memberikan dampak positif kepada para peserta, mulai dari meningkatkan kesadaran privasi digital, mampu menggunakan media sosial khususnya Instagram dan WhatsApp Business, serta  bisa menggunakan aplikasi design untuk mengoptimalkan pemasaran produk mereka.

Meskipun awalnya peserta tak banyak memahami pemanfaatan kedua aplikasi ini, mereka terus belajar dan mencoba. Rifqi juga melihat semua peserta bersemangat saat mencoba aplikasi WhatsApp Business dan Instagram. Ketika di-follow up kembali, peserta juga mengatakan adanya tren positif di toko online mereka, setelah seminggu memanfaatkan WhatsApp Business dan Instagram. Di samping itu, peserta juga lebih mampu mengembangkan kreativitasnya dalam mendesain poster untuk memasarkan produk mereka secara mudah. 

Tentunya, workshop ini menuai manfaat bagi para peserta yang tidak patah arang dalam mengelola usaha kecil mereka di tengah pandemi COVID-19. (ma/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *