Web Analytics Made Easy - Statcounter
Sulsel Cerdas Ber-Digital is Back! - jaWAra Internet Sehat

Apriliya Nur Kinanti, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Selatan, melanjutkan kembali kegiatan “Sulsel Cerdas Ber-Digital” yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2021 untuk membagikan pengetahuan digital kepada anak-anak Sulsel yang sudah mulai menggunakan internet baik di sekolah maupun dalam interaksi sehari-hari.

Pada Sulsel Cerdas Ber-Digital Vol. 2 tahun 2022, Apriliya berkolaborasi dengan Forum Anak Sulawesi Selatan dan TVRI Sulawesi Selatan mengundang perwakilan Forum Anak dari 24 Kabupaten/Kota serta beberapa siswa dari SMK PRATIDINA Makassar untuk menjadi agen internet sehat di lingkungan dan sekolah mereka masing-masing.

Mengusung tema besar “Cegah HOAX dan Perkuat Keamanan di Internet”, kegiatan yang diadakan di Anjungan Pantai Losari Makassar ini memiliki metode workshop dan kampanye yang dilakukan secara luring. Disisipkan juga games seru agar para peserta workshop tidak merasa bosan.

Adapun agenda workshop berisi materi-materi untuk meningkatan kemampuan mengidentifikasi konten atau informasi hoaks dengan memperhatikan beberapa indikatornya. Selain itu diajarkan pula salah satu pilar literasi digital, yaitu digital safety, agar para peserta bisa meminimalisir kejahatan siber yang terjadi seperti pencurian data, pemalsuan identitas, bahkan penipuan. 

Selain JaWAra Internet Sehat, kegiatan ini mengundang narasumber yang sangat keren, yaitu Fasilitator Forum Anak Nasional 2021-2023, Annursyam Maulana S., dan Duta Bahasa Sulselbar 2022, Andi Ahmad Raehan R. Beberapa narasumber memiliki pengalaman sebagai jurnalis dan pengamat sosial media. 

Banyak juga tokoh komunitas yang terlibat, seperti Ketua Sekretariat dan Pengurus Forum Anak Sulsel, Pengurus Forum Anak Kabupaten Gowa, Pengurus Forum Anak Kabupaten Maros, dan Pengurus Forum Anak Kota Makassar. 

Turut hadir Devita Tasha Salsabila, Profesional MC dan terbaik II Duta Bahasa Sulselbar 2021 dengan latar belakang di komunitas Forum Anak, yang memandu jalannya acara sehingga dapat berjalan lancar dan menarik.

Meskipun cuaca yang kurang mendukung karena diguyur hujan, Apriliya dan rekan-rekan sangat bersyukur karena dari 250 peserta yang ditargetkan, jumlah peserta yang hadir hari itu dapat mencapai 112 peserta.

Diharapkan peserta yang menghadiri kegiatan pada tanggal 10 Oktober 2022 ini dapat menyosialisasikan dan merealisasikan ilmu yang mereka terima sehingga semakin banyak orang yang terpapar literasi digital walaupun tidak mengikuti kegiatan secara langsung. 

Acara juga sengaja dilaksanakan sore hari untuk menyasar pengunjung Pantai Losari City of Makassar. Para hadirin mendapatkan pamflet berisi infografis cara untuk mengamankan diri di Internet untuk semakin menyebarkan kesadaran pentingnya mencegah hoaks dan keamanan di internet.

Salah seorang peserta yang hadir, Fiosha Zilqadhiyah T, mengungkapkan pengalamannya menghadiri event Sulses Cerdas Ber-Digital Vol. 2 yang dirasa menyenangkan dan sangat bermanfaat baginya. 

Mulai dari pembahasan kegiatan tentang apa itu berita hoaks, cara mengatasi, serta para pembicara yang sangat bagus dalam menyampaikan materi. 

Menurutnya, acara juga bisa tetap berjalan dengan baik walau dilaksanakan di luar ruangan dan cuaca menjadi tidak kondusif.

“Kakak-kakak dan panitia acaranya bisa mengatasi dengan baik serta bisa menyediakan hal yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi cuaca saat itu, akhirnya kegiatan bisa tetap dilaksanakan dan diselesaikan,” tutupnya.

Peserta lainnya, Taufik, merasa kegiatan ini sangat berguna dan baik untuk anak-anak maupun para generasi Z. Mulai dari apa itu hoaks dan cara membedakannya. Ia merasa para narasumber dan moderator juga sangat ramah dan asik sehingga peserta yang hadir merasa nyaman dan tidak mengantuk selama kegiatan berlangsung. 

“Saya yang awalnya kurang tahu tentang cara sehat berdigital menjadi sedikit lebih tahu cara sehat berdigital setelah mengikuti kegiatan ini. Dari kegiatan ini saya memperoleh ilmu-ilmu yg sangat bermanfaat untuk kedepannya. Dalam penyampaian materi dari kakak kakak juga sangat membantu, dan apa yang simpankan sangat lah detail,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan Sulsel Cerdas Ber-Digital Vol. 2 ini diisi pula dengan melakukan kampanye dan penandatanganan petisi kepada seluruh elemen yang hadir di tempat tersebut. Diadakan juga Training of Trainers (TOT) kepada perwakilan 24 Kabupaten/Kota, Perwakilan Akademi Kesehatan Polri Bayangkara, dan SMK Polri Bayangkara. 

Nantinya mereka akan menjadi kelompok sebaya dalam lingkungan sekolah, kampus, dan Rumah Sakit Bayangkara dalam menyebarkan virus positif terkait internet sehat di daerahnya masing-masing. (ses)