Sharing Session Keamanan Digital untuk Mahasiswa

Sharing Session Keamanan Digital untuk Mahasiswa

Di masa pandemi banyak mahasiswa yang belum melaksanakan kuliah tatap muka, namun dengan semakin mudahnya akses internet, mereka bisa mengikuti berbagai kegiatan online untuk meningkatkan kemampuan literasi digitalnya. Salah satunya dengan mengikuti sharing session yang diinisiasi oleh Muhammad Aswar, jaWAra InternetSehat di Makassar.

Berkolaborasi dengan komunitas KeDai Computerworks yang sejalan dengan program jaWAra Internet Sehat pada 14 November 2021 diadakan workshop yang diikuti oleh mahasiswa Universita Muslim Indonesia,

Kegiatan kali ini mengajak peserta untuk mengaktifkan Autentikasi 2 Faktor (2FA) pada akun-akun media sosial yang mereka miliki, khususnya Whatsapp. 

Beberapa peserta mengakui dengan mengikuti kegiatan ini mereka jadi lebih paham tentang apa itu Autentikasi 2 Faktor (2FA) khususnya di Whatsapp, Mereka juga menyadari bahwa, tidak semua hal perlu dibagikan di media sosial. Misalnya tentang hal-hal yang merupakan privasi diri maupun orang lain, yang sangat berisiko disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dari kegiatan ini pula peserta, menyadari betapa pentingnya mengganti password semua akun media sosialnya secara berkala. Mereka juga berlatih menguji apakah password yang mereka buat sudah kuat atau belum di website password checker kaspersky. (mt)

featured image by Porapak Apichodilok dari Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *