Web Analytics Made Easy - Statcounter
Serunya Literasi Digital di Desa Nanti Agung, Kepahiang - jaWAra Internet Sehat

Ria Mutiara Fasha dan Khairiah El Marwiah | jaWAra Internetsehat Bengkulu

Kali ini Jawara Internet Sehat Bengkulu kolaborasi bersama Mahasiswa KKN UNIB serta perangkat Desa Nanti Agung. Peserta yang hadir adalah masyarakat desa setempat yang berjumlah 50 orang. Pesertanya beragam mulai dari anak-anak hingga para orang tua di desa tersebut.

Mela Kito Sadar Digital “Masyarakat tanpa Hoaks, Internetan Aman ” merupakan kegiatan edukasi literasi digital di Desa Nanti Agung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini berbentuk sosialisasi tentang hoaks, keamanan digital, dan sharing session terkait kasus kasus hoaks dan keamanan digital yang marak di provinsi bengkulu.

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat setempat terlebih Kepala Desa dan Babinsa Desa Nanti Agung yang turut memberi dukungan dan arahan untuk kegiatan ini.

Salah satu perangkat desa menyampaikan terima kasih karena sudah mengadakan kegiatan sosialisasi Mela Kito Sadar Digital di desanya. Kegiatan ini sangat bermanfàat dan bisa menjadi bekal pengetahuan untuk masyarakat Desa Nanti Agung.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi masyarakat akan semakin waspada dan bisa membedakan antara berita palsu dan fakta. Serta masyarakat tidak sembarang mengklik link yang tersebar di media sosial.”

Kepala Desa Nanti Agung, saat membuka kegiatan ini

Sosialisasi ini diawali dengan materi yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN terkait pengertian hoaks dan penjelasan UU ITE. Dilanjutkan dengan Sharing Session dari JaWAra Internet Sehat Bengkulu (Kak Ria Mutiara Fasha dan Kak Khairiah El Marwiah) yang mengupas tuntas hoaks dan kemanan digital.

Banyak masyarakat yang awalnya belum begitu peduli dengan berita palsu akhirnya jadi paham dan peduli akan pentingnya literasi tentang hoaks dan keamanan digital ini.

Selain sosialisasi Jawara Internet Sehat Bengkulu bersama anak KKN UNIB mengajak anak anak bermain ular tangga dan Kuis singkat terkait Hoaks dan keamanan digital. Saat bermain ular tangga anak- anak Desa Nanti Agung benar benar menikmati permainannya dan sangat koperatif sehingga permainan berlangsung seru dan asyik. Untuk permainan Kuis Singkat Literasi Digital pun anak-anak disana bisa menjawab dengan baik. Sambil bermain tidak lupa JaWAra Internet Sehat Bengkulu memberikan pengetahuan singkat terkait bahaya-bahaya di internet agar anak-anaak disana semakin paham dan bijak di dunia digital.

“Kegiatan ini harus selalu sering diadakan, bahkan jika perlu tidak hanya di Desa Nanti Agung, tapi juga di desa-desa lain di Kecamatan Tebat Karai. Ini ilmu yang bermanfaat dan bisa menjadi pengingat bagi masyarakat terutama pengguna media sosial agar tidak mudah percaya pada modus penipuan seperti cinta palsu, link phising dan sebagainya juga berita-berita palsu.”

Babinsa Desa Nanti Agung