Web Analytics Made Easy - Statcounter
Seminar Hybrid Literasi Digital Bersama Victoria Grand - jaWAra Internet Sehat

Khairul Syafuddin, JaWAra Internet Sehat DKI Jakarta, mengadakan seminar literasi digital untuk membangun karakter generasi muda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Victoria Grand selaku Vice President, Global Affairs & Strategic Markets at WhatsApp yang memberi apresiasi akan program JaWAra dalam meningkatkan kecakapan literasi digital.

Seminar Hybrid “Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia Melalui Peningkatan Literasi Digital” yang dilaksanakan pada tanggal 4 November 2022 di Universitas Sahid, Jakarta merupakan kegiatan lanjutan ToT Fasilitator Media yang sudah dilaksanakan bulan Juli, Agustus dan September lalu.

Acara ini sekaligus menjadi puncak acara dalam kegiatan JaWAra Internet Sehat DKI Jakarta yang menghadirkan 3 narasumber, 1 keynote speech, dan 1 moderator. Acara dilakukan secara hybrid di Universitas Sahid, Jakarta dan zoom meeting serta streaming Youtube.

Seminar Literasi Digital ini terselenggara berkat dukungan Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Sahid dan dihadiri oleh ratusan peserta baik secara offline maupun online. Para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu dan pengetahuan dari talkshow yang dimoderatori oleh Prima Alvernia, Presenter dan Reporter Tv One. Namun mereka juga mendapatkan pengetahuan literasi dari skrining film pendek yang berjudul Bukan Galih dan Ratna, sebuah Film dari Jawara Internet Sehat NTB.

Acara seminar ini menghadirkan 3 narasumber, yaitu Khairul Syafuddin yang mewakili Jawara Internet Sehat 2022, Dr. Aryo Subarkah Eddyono dari Universitas Bakrie, dan Mira Sahid dari Siberkreasi. Ketiga narasumber memberikan pengalaman dan tips bagi para peserta untuk peduli terhadap dunia digital dan tetap aman dalam aktivitas digitalnya.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Sahid Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom. IPU, Koordinator Literasi Digital Sektor Pendidikan Kemkominfo RI Bambang Tri Santoso, dan Direktur Eksekutif ICT Watch Indriyatno Banyumurti juga turut hadir. Tidak hanya itu, Victoria Grand selaku Vice President, Global Affairs & Strategic Markets at WhatsApp juga berkenan untuk memberikan keynote speech dalam acara tersebut.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jawara Internet Sehat 2022, karena program-program yang dilaksanakan oleh para JaWAea mendapat perhatian dari WhatsApp Global. Perhatian tersebut menjadi semangat para Jawara untuk terus berkontribusi bagi Indonesia dalam rangka peningkatan literasi digital masyarakat.

Pada kesempatan baik tersebut, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid dengan ICT Watch juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penandatanganan tersebut langsung dilakukan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Dr. Mirza Ronda dan Direktur Eksekutif ICT Watch Indriyatno Banyumurti.

Di akhir acara ini, para peserta yang hadir secara offline diberikan poster literasi digital. Poster tersebut dibagikan kepada seluruh peserta untuk ditempelkan di sekolah, kampus, ataupun lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait keamanan dan privasi di dunia digital. (ria)