Semangat Ibu-ibu UMKM di Desa Kertarahayu

Semangat Ibu-ibu UMKM di Desa Kertarahayu

Pelaku UMKM menyadari pentingnya memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualannya. Berdasarkan riset dari Ipsos, 81% pengguna Instagram di Indonesia menggunakan Instagram untuk mencari informasi lebih lanjut ketika tertarik pada sebuah produk atau merek. Ini merupakan tantangan bagi pelaku UMKM untuk meluaskan jangkauan bisnisnya melalui media sosial.

JaWAra Internet Sehat Kabupaten Bekasi mengadakan Roadshow Literasi Digital bersama UMKM Desa Kertarahayu Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi pada Minggu (21/11/21). Roadshow bertema “Nyok Maen Internet yang Bener: UMKM Go Digital” dihadiri oleh 50 peserta UMKM dari desa Kertarahayu. 

Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Eli, Sekretaris Desa Kertarahayu. Menurutnya kegiatan yang diadakan oleh Tiara Lestari, Jawara internetsehat Bekasi ini sangat dibutuhkan oleh para penggiat UMKM di desanya.

Antusias peserta terlihat dari aktifnya mereka menanggapi apa yang disampaikan oleh mas Mataharitimoer yang bertindak sebagai narasumber tunggal. Mulai dari bagaimana mengaktifkan WhatsApp Business, cara membuat konten di Instagram, juga mendiskusikan tentang algoritma media sosial lainnya, seperti Tiktok. 

Keunikan acara tersebut salah satunya adalah, setiap peserta pelaku UMKM membawa produknya dan mereka diminta memperkenalkan produk dan juga akun media sosialnya. Dari situ didiskusikan bagaimana sebaiknya membuat konten yang menarik untuk audiens. (mt)

featured image by Tom Fisk dari Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *