Web Analytics Made Easy - Statcounter
Sabar Sebelum Sebar, Saring Sebelum Sharing - jaWAra Internet Sehat

Muhammad Aswar, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Selatan, menjelaskan pentingnya literasi digital bagi mahasiswa lewat kegiatan bertajuk Sabar Sebelum Sebar, Saring Sebelum Saring.

Salah satu ruangan di Kampus II UIN Alauddin Makassar dipenuhi puluhan mahasiswa, pada 22 Oktober 2022 kala itu. Bukan tanpa sebab, mereka rupanya adalah para peserta yang tengah mengikuti kegiatan Literasi IT “Sabar Sebelum Sebar, Saring Sebelum Sharing”. Sebuah kegiatan yang dinisiasi oleh Muhammad Aswar, selaku JaWAra Internet Sehat Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kegiatan yang dihadiri oleh 79 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa tersebut, bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di lingkungan kampus, khususnya bagi mahasiswa baru. Bayangkan betapa banyak tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa di masa kini, perbedaan yang besar terdapat pada masifnya informasi serta berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh dunia digital. Namun hal tersebut dapat menjadi boomerang ketika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Ketika mahasiswa baru dibekali edukasi akan literasi digital, maka mereka mampu memanfaatkan perangkat digital serta akses internet yang ada dengan baik. Lewat gelaran edukasi dalam bentuk seminar/workshop/diskusi seperti ini tentang pentingnya perlindungan data pribadi dan bahaya hoaks, maka harapannya kelak mampu lahir mahasiswa yang dapat berpartisipasi aktif dalam mengembangkan kemampuan publik untuk berpikir kritis tentang pentingnya literasi digital.

Lebih dari itu, lewat gelaran bertajuk Sabar Sebelum Sebar, Saring Sebelum Sharing mahasiswa saat ini dapat memaksimalkan pemanfaatan internet secara cerdas, positif, kreatif dan produktif sehingga dapat meminimalisasi dampak negatifnya. Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar, Muh Taqwin Syah menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan berharap agar mahasiswa dan mahasiswi UIN kelak dapat menjadi mahasiswa yang menjunjung tinggi etika dalam berinternet dan menjadi inspirasi bagi sekitar dengan tidak gampang menyebarkan berita hoakas maupun data pribadi di media sosial.

Kegiatan yang diisi dengan materi literasi digital “Lindungi Privasi & Keamanan Data Digital di Internet” oleh JaWara Internet Sehat Sulawesi Selatan 2021, Muhammad Aswar, kian menarik dengan adanya penyampaian tips dan trik bagaimana agar data kita tidak gampang bocor di internet. Lebih lanjut, Aswar pun berpesar agar kita sebagai masyarakat jangan sampai terkena informasi yang salah, saring sebelum sharing dan jangan mudah terprovokasi. (and)