Web Analytics Made Easy - Statcounter
Roadshow Literasi Lebih Paham Digital Kedua Di Salatiga - jaWAra Internet Sehat

Andika Renda Pribadi, JaWAra Internet Sehat dari Jawa Tengah mengadakan roadshow “Literasi Lebih Paham Digital” kedua di Kota Salatiga, yaitu di Balai Kelurahan Tegalrejo pada tanggal 15 Oktober 2022. Ia pun kembali mengajak MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) sebagai mitra kerjasama dalam acara yang dihadiri oleh 41 orang serta perwakilan dari berbagai unsur masyarakat di Kelurahan tersebut.

Lokasi yang merupakan kelurahan tempat tinggalnya sedikit membuat perasaan Andika, JaWAra Internet Sehat Jateng, campur aduk antara bangga dan dan sungkan. Namun, penyampaian materi berjalan dengan sangat lancar dan penuh hikmat karena diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tema yang dibahas masih sama dengan sebelumnya, yaitu tentang literasi dan digital parenting yang disampaikan oleh Andika sendiri, serta topik “Fakta, Informasi & Hoax” yang disampaikan oleh dosen Udinus, Dr. Agus Triyono. Kegiatan ini juga didukung dan dihadiri oleh Sekretaris kelurahan, Bapak Sugeng Riyanto, dan Kasi Pemtrantibum Kelurahan Tegalrejo. 

Andika menganggap kedua tema tersebut sangat penting karena ia melihat anak-anak dan remaja sebagai kelompok usia yang rentan terkena dampak negatif konten misinformasi, disinformasi, dan malinformasi. Hal ini juga menjadi penyebab beragamnya tantangan yang dimiliki oleh para orang tua di era digital.

Sumber informasi yang terdistorsi bisa membahayakan keselamatan dan mengganggu keseimbangan jiwa anak dan remaja. Mereka dapat merasa direndahkan, dipermalukan, ditindas, diasingkan, dan dimanfaatkan yang akhirnya menyebabkan kemarahan, kesedihan, ketakutan, hingga terpengaruhnya kepercayaan diri mereka. 

Melalui literasi digital yang dimulai dari lingkungan terdekat, Andika ingin membantu dan mendampingi para orang tua dan anak dalam mengembangkan kecakapan digital mereka. Termasuk juga edukasi tentang keamanan digital, etika digital, dan budaya digital saat beraktivitas di internet maupun menyikapi berbagai jenis konten yang ditemui anak maupun orang tua.

Diharapkan dengan meningkatnya kesadaran penggunaan gadget dan akses internet yang sehat, aman, dan sehat yang didasari dengan pola pikir kritis serta kehati-hatian. Anak-anak dan remaja juga dapat berpartispasi secara positif dengan masyarakat global. (ses)