Web Analytics Made Easy - Statcounter
Roadshow Literasi Digital, Ajak Pelajar Jaga Privasi - jaWAra Internet Sehat

Yuli Trisyaningsih, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Tengah terus melakukan edukasi literasi digital dengan mengunjungi sekolah yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Pesan melawan hoaks dan menjaga privasi kali ini juga disampaikan di SMPN 12 Sigi agar siswa/siswinya makin cakap digital.

Hari yang cerah, siswa-siswi begitu antusias memasuki ruangan tempat diadakannya Roadshow Literasi Digital yang diadakan oleh JaWAra Internet Sehat Sulawesi Tengah. Yuli bersama tim menyambangi SMPN 12 Sigi, satu dari 6 sekolah yang masuk dalam program mereka tahun ini. Bertempat di ruang kelas SMPN 12 pada tanggal 28 Oktober 2022, Yuli dkk memberikan edukasi literasi digital kepada para pelajar.

Isu literasi digital memang sedang marak diperbincangkan. Apalagi semenjak pandemi, gaya hidup perlahan berubah tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Anak-anak mulai terbiasa dengan media digital di kesehariannya. Namun dibalik kemudahan dan manfaat yang ditawarkan, generasi muda diikuti oleh bahaya yang bisa saja terjadi pada mereka.

Keamanan digital salah satunya. Menjadi hal yang patutnya diantisipasi dan diajarkan kepada siswa/siswi saat menggunakan media digital. Mereka yang terbiasa membagikan konten kadang lalai terhadap privasi dan hal-hal sensitif. Hingga muncullah masalah yang dapat mengganggu prestasi belajar bahkan merusak masa depan.

Selain mengajak siswa/siswi aware akan privasi dan keamanan saat menggunakan internet, Yuli dan pemateri lainnya juga membawa materi mengenai hoaks. Sebagai pelajar hendaknya mampu mengenali hal baik dan buruk, begitu juga saat membaca sebuah informasi di internet. 

Yuli menghimbau agar mereka lebih teliti lagi terhadap berita yang dibaca, apakah berita yang benar atau hanyalah berita hoaks. Jika ternyata informasi yang didapat adalah hoaks, sebaiknya tidak disebarluaskan agar korban hoaks tak semakin banyak.

Setelah mendapatkan banyak ilmu mengenai literasi digital. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dua arah. Antusias peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan siswa/siswi terkait privasi dan hoaks. 

Roadshow Literasi Digital JaWAra Internet Sehat Sulawesi Tengah pun makin seru dengan adanya kuis dengan hadiah menarik. Beberapa peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan tepat mendapat bingkisan dari tim JaWAra. (ria)