Web Analytics Made Easy - Statcounter
Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” - jaWAra Internet Sehat

Cristina Setianingrum, JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah melakukan edukasi kepada anak-anak di Kecamatan Selomerto agar cakap digital. Kegiatan ini merupakan Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” pertama di Kabupaten Wonosobo.

Roadshow Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria (CARICA) merupakan program JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah. Roadshow pertama dilaksanakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 bersamaan dengan Hari Kesaktiaan Pancasila di Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Acara yang dihadiri oleh 30 anak dari beberapa sekolah di Kecamatan Selomerto ini dikemas menarik dan interaktif. CARICA menghadirkan sosialisasi literasi digital dan permainan seru yang disisipkan pesan agar anak-anak bijak dalam menggunakan internet. 

Edukasi pada anak-anak seperti ini penting dilakukan mengingat mereka adalah pihak yang rentan terdampak kejahatan digital. Anak perlu diberi pemahaman konten apa yang boleh dan tidak boleh diakses di internet dan media sosial serta tetap memperhatikan prestasinya di sekolah.

Setelah dibuka oleh MC, Pak Sugeng Riyadi selaku perwakilan dari Diskominfo Wonosobo memberikan materi Jaga Data Pribadi. Lalu dilanjutkan oleh Forum Anak Kabupaten Wonosobo tentang Penggunaan Platform Jogo Konco & Informasi Layak Anak untuk pencegahan Jo Kawin Bocah. Cristina selaku JaWAra Internet Sehat juga menyampaikan pesan tentang #BertemanAman & Sharenting.

Setelah mendapatkan cukup informasi mengenai literasi digital, anak-anak diajak untuk bermain peran dengan tema hoaks. Diskusi yang seru pun terlihat. Meskipun dengan waktu yang cukup singkat, mereka mampu memainkan role play dengan sangat apik sesuai dengan pengalaman yang mereka rasakan di lingkungan mereka tinggal. 

Dengan semangat, anak-anak memainkan peran seperti menjadi Pak RT, warga biasa, bahkan anak SMP yang bertugas untuk memberikan edukasi tentang bahaya berita hoaks. Role play semakin seru karena percakapan yang dibuat natural dengan dialek khas Wonosobo. 

Anak-anak yang hadir sangat bahagia karena selain mendapat ilmu mengenai hoaks dan keamanan data pribadi, mereka juga diajak untuk bermain bersama. Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta bernama Zea. Menurutnya, setelah role play ia jadi paham bahwa berita hoaks ada dimana-mana, mau tua ataupun muda harus berhati-hati.

Kegiatan pun diakhiri dengan foto bersama serta pembuatan video campaign Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria”.

Semoga ya setelah kegiatan ini, adik-adik di Selomerto makin bijak menggunakan media digital untuk raih masa depan ceria. (ria)