Web Analytics Made Easy - Statcounter
Roadshow CARICA ajak Anak Wonosobo Bijak Menggunakan Internet - jaWAra Internet Sehat

Cristina Setianingrum adalah JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah. Kali ini Ia hadir di lokasi kedua Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” yaitu Kecamatan Wonosobo untuk memberi edukasi literasi digital kepada 30 anak dari Forum Anak Kreatif Wonosobo (FORKOS).

Roadshow yang berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2022 ini merupakan kolaborasi JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah bersama Diskominfo Wonosobo, Forum Anak Kabupaten Wonosobo dan Dinas Perempuan & Anak Kabupaten Wonosobo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pesan terkait bijak menggunakan internet agar anak-anak di Wonosobo bisa memanfaatkannya untuk hal positif.

Peserta yang merupakan perwakilan dari Forum Anak datang dengan semangat yang luar biasa. Meskipun acara diadakan pada hari libur, mereka menyempatkan untuk hadir dan mendapatkan ilmu dari pemateri yang tak kalah luar biasanya.

Pada kesempatan ini, Mas Sandi sebagai perwakilan dari Diskominfo Wonosobo membawakan materi Jaga Data Pribadi dan Forum Anak Kabupaten Wonosobo dengan materi tentang Penggunaan Platform Jogo Konco & Informasi Layak Anak untuk pencegahan Jo Kawin Bocah.

Cristina sebagai JaWAra Internet Sehat pun memberi bekal literasi digital dengan tema #Berteman Aman & Sharenting. Peserta diajak untuk memahami penggunaan media digital secara bijak dan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal positif. Ia pun mengingatkan, saat ini banyak terjadi kasus kejahatan digital yang tak ragu menyasar anak-anak. Untuk itu mereka harus tau cara mencegah terjadinya hal tersebut.

Tak kalah menarik dari roadshow pertama. Kegiatan CARICA kedua ini juga dilengkapi dengan diskusi dan permainan seru. Peserta diminta untuk menggambarkan bentuk kekerasan di media daring lalu mempresentasikan dengan mengubah lirik lagu anak sesuai tema yang ada. Kerennya lagi, mereka bisa melakukannya sehingga suasana semakin hidup namun tak meninggalkan pesan utama mengenai literasi digital.

“Walaupun aku bukan anggota Forum Anak, tapi kehangatan kerasa banget dan pesan yang disampaikan juga seru abis,” ujar Bening salah satu peserta roadshow CARICA.

Bening juga menceritakan bahwa ia sangat menyukai diskusi dan presentasi kelompok soal kekerasan di media online. Hal ini bisa menambah wawasannya sebagai pengguna internet dan tidak menyesal sudah mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan pun diakhiri dengan pembuatan video bersama campaign Roadshow CARICA “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” agar pesan baik cakap digital ini bisa menjangkau lebih banyak orang. (ria)