Web Analytics Made Easy - Statcounter
Piawai Bergawai untuk Pelajar Metal (Melek Digital) - jaWAra Internet Sehat

Listian Utama, JaWAra Internet Sehat Lampung, menggelar workshop sehari dengan tujuan mengedukasi para pelajar SMA di Kabupaten Tanggamus agar menjadi pelajar yang metal alias melek digital.

Sebanyak 100 orang pelajar SMA sederajat, 13 Oktober 2022 lalu, berkumpul di Kampus SMK Multazam, Gisting-Tanggamus-Lampung. Mereka merupakan pelajar yang berasal dari berbagai SMA di Kabupaten Tanggamus. Di mana hari itu, selama satu hari, mereka mengikuti workshop yang digelar oleh JaWAra Internet Sehat Lampung, berkolaborasi dengan Pegiat Literasi Tanggamus dan International Rescue Indonesia (IAR) yang bergerak di bidang Konservasi.

Kegiatan bertajuk Workshop Literasi Digital: Piawai Bergawai untuk Pelajar Metal (Melek Digital) ini digelar sebagai upaya dalam mengenalkan pentingnya perlindungan data pribadi di dunia digital dan bagaimana mencegah penyebaran hoaks. Listian Utama, sebagai perwakilan JaWAra Internet Sehat Lampung, tidak hanya bertujuan menjadikan para peserta melek digital. Lebih dari itu, dengan adanya kolaborasi dengan Pegiat Literasi Tanggamus dan International Rescue Indonesia (IAR), harapannya para peserta pun bisa meningkatkan literasinya tidak hanya di dunia digital, tetapi juga konservasi.

Dalam upaya meningkatkan mutu literasi di daerah, menyadarkan masyarakat dalam berliterasi digital dan pentingnya mengenal konservasi hutan lindung di Kabupaten Tanggamus, maka digelarlah workshop ini. Isu literasi digital dan konservasi dianggap penting karena keduanya saling berkaitan. Terlebih lagi mengingat lokasi tempat tinggal mereka, yang sedikit banyak perlu untuk memahami konservasi hutan lindung di daerah tersebut.

Hal yang menarik dari kegiatan ini adalah betapa antusiasnya para peserta bahkan dari guru-guru pendamping yang turut serta dalam kegiatan ini. Bagaimana mereka tertarik mendengar setiap pemaparan materi yang disampaikan. Di akhir acara, mereka pun berharap agar kelak kegiatan serupa dapat dilaksanakan dari satu sekolah ke sekolah lainnya, sehingga semua elemen sekolah dapat merasakan dampaknya.

Salah satu peserta, yakni Cindy Febiola, merasakan mendapat ilmu baru setelah mengikuti workshop. Menurutnya, ia baru mengetahui jika perlindungan data pribadi sangatlah penting. Melindungi data pribadi berarti melindungi diri sendiri dari berbagai kejahatan di dunia maya, termasuk terhindar dari upaya peretasan akun yang dilakukan oleh orang-orang jahat di luar sana.

Listian Utama, selaku perwakilan JaWAra Internet Sehat Lampung yang menginisiasi kegiatan tersebut ikut bersemangat atas sambutan positif dari para peserta. Ke depannya, ia sangat antusias menyiapkan strategi lainnya sebagai tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya. Serta apresiasi tinggi kepada seluruh mitra atas kesediaannya berkolaborasi. Sama-sama mengedukasi, mencerdaskan generasi muda, dimulai dari tempat tinggal sendiri. (ah)