Perkuat Literasi Digital di Era Internet of Thing

Perkuat Literasi Digital di Era Internet of Thing

Indonesia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 yang mana merupakan kolaborasi teknologi siber dan otomatisasi. Dalam Perkembangan di era revolusi industri 4.0 yang paling maju adalah Internet Of Things (IOT). Internet of Things adalah koneksi antara alat atau perangkat dengan internet untuk mengirimkan data kepada pusat informasi agar membantu berbagai proses industri. 

Adapun Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara bertanggung jawab untuk berbagai tujuan. Contohnya, untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, serta mengkomunikasikan konten atau informasi, baik dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Di Indonesia sendiri pengguna internet sangatlah besar mencapai 202,6 juta jiwa dan 170 juta jiwa merupakan pengguna aktif media sosial. Tingginya angka pengguna internet di Indonesia dan meningkatnya aktivitas daring saat ini kian memperkuat pentingnya penerapan budaya literasi digital di tengah masyarakat. Salah satunya, terkait etika digital. 

Dalam webinar pada 13 November 2021 ini membahas mengenai Literasi Digital di era revolusi Industri 4.0. yang mana dalam industri 4.0 ini sangat berkaitan dengan internet. internet tersebut bisa dimanfaatkan untuk apa saja di dalam industri 4.0. tidak itu saja dalam kegiatan ini pun membahas bagaimana kita dalam menjadikan ruang internet itu menjadi ruang yang aman dan nyaman ketika para penggunanya dapat memahami cara beretika digital. menghindari diri dari berita-berita hoaks dan dapat menjaga privasi keamanan digitalnya masing-masing.  

Webinar kolaborasi dengan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin ini diikuti oleh 293 peserta dari Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tanah bumbu, Kalimantan Selatan. Ada dari siswa, mahasiswa, komunitas, UMKM, dan para pengajar/guru/dosen. Webinar dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Antasari di hadapan mahasiswa UIN Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Narasumber, Munsyi, M.T menyampaikan bahwa internet saat penting di era industri 4.0 ini, di mana dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam pengembangan dunia industri terutama di indonesia sendiri. Manfaatnya pun dapat dirasakan di berbagai bidang industri. Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi ini memperkenalkan IOT di bidang pertanian dapat banyak sekali yang bisa dimanfaatkan untuk membantu para petani apabila bisa memanfaatkan Teknologi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Jawara Internet Sehat, Muchammad Wida Permana Putra yang juga sebagai narasumber, menekankan etika digital dalam berinternet. Internet akan menjadi ruang yang aman dan nyaman jika penggunanya paham etika digital. Tetapi jika pengguna berperilaku tidak etis, seperti melakukan penyebaran berita bohong, ujaran kebencian, penyebaran data pribadi, cyberbullying dan intoleransi di media sosial, maka internet menjadi ruang yang tidak produktif. (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *