Web Analytics Made Easy - Statcounter
Perjalanan Audiensi JaWara: Dari Pusat Kota menuju Wilayah 3T - jaWAra Internet Sehat

Firman Gani Dan Vio FIsnanda | Audiensi Roadshow Jawara Internet Sehat Indonesia 2022 Dan KOMPAK Batam : Peran Orang Muda Dalam Mengatasi Tindak Pidana Perdagangan Orang Dengan Literasi Digital

Sebelum Pelaksanaan Kegiatan Roadshow Jawara Inernet Sehat Indonesia 2022 dan KOMPAK Batam Peran Orang Muda dalam Mengatasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan Literasi Digital, kami Para Tim Jawara dan KOMPAK BATAM, mengadakan audiensi ke beberapa sekolah untuk meminta perizinan pelaksanaan kegiatan Jawara Internet sehat Indonesia 2022.

Tujuan dari kegiatan roadshow ini adalah menyuarakan bahwa isu Tindak Pidana Perdagangan Orang merupakan isu yang penting untuk kita pahami bersama, terutama oleh anak muda yang pasti akan memasuki dunia bekerja. Saat ini merupakan era 4.0 dimana semua kalangan umur sudah dapat berinteraksi dan bersosialisasi di dunia digital maka dari itu JaWara Internet Sehat Indonesia 2022 berkolaborasi dengan KOMPAK Batam, memberikan edukasi terutama kepada para remaja untuk mewujudkan Indonesia semakin cakap digital melalui program ini.

Hasil yang diharapkan untuk bisa terjalinnya kerjasama antar remaja/kaum muda dan penggerak literasi digital untuk mewujudkan kaum muda paham isu Tindak Pidana Perdagangan Orang di Indonesia serta lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan sosial media atau berinteraksi di dunia digital. Program ini juga meningkatkan pengetahuan terkait isu Tindak Pidana Perdagangan Orang kepada para remaja dan kaum muda yang terlibat dalam kegiatan ini serta memberikan pemahaman terkait internet sehat dan pengetahuan terkait literasi digital.

Tujuan pertama kami yaitu SMAN 2 BATAM. SMAN 2 Batam di kecamatan Belakang Padang, yang merupakan kecamatan yg terpisah darat, dari kecamatan tempat kami tinggal di kota Batam. Untuk sampai ke sana kami melakukan perjalanan menyebrangi lautan menggunakan pompong atau perahu penjemput. Kami memulai perjalanan sekitar jam 07.00 pagi dengan menggunakan pompong ke Belakang Padang.

Belakang padang merupakan kecamatan di kota batam yang masih cukup terbelakang dan wilayah daerahnya yang cukup kecil dan masih berusaha untuk berkembang sehingga akomodasi dan fasilitas di sana masih belum terlalu lengkap.

Kami memilih SMAN 2 Belakang Padang sebagai tujuan Roadshow ini karena menurut kami para remaja dan orang muda di wilayah ini penting untuk edukasi terkait Literasi Digital dan tindak perdagangan orang untuk pengetahuan umum mereka agar dapat menjadi remaja dan pemuda yang melek digital dengan baik serta dapat mencegah isu TPPO minimal untuk mereka sendiri.

Sesampainya kami di pelabuhan belakang padang kami memulai perjalanan dengan sarapan pagi di tempat makan yang cukup terkenal di sana lalu dilanjut dengan berjalan kaki sekitar kurang lebih 40-45 menit dikarenakan kurangnya akses akomodasi pendukung disana. Setibanya di SMAN 2 Belakang kami di jamu oleh para staff dan guru serta perangkat sekolah dan dimudahkan dalam proses audiensi dan perizinan terkait rencana Roadshow yang akan kami lakukan.

Jawara Internet Sehat Indonesia dan Tim mendiskusikan rencana terkait kegiatan bersama dengan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Kami didukung penuh dengan dimudahkan dalam berbagai hal untuk rencana kegiatan ini. Dari audiensi yang kami lakukan ini menumbuhkan semangat bagi pihak sekolah agar para murid sekolah ini mendapat pengetahuan lebih selain ilmu yang didapatkan dari sekolah.

Setelah menyelesaikan audiensi dan diberi perizinan terkait pelaksanaan kegiatan yang akan kami lakukan, audiensi pertama membuahkan hasil baik untuk rencana kegiatan yang akan kami lakukan pada jumat tangal 22 juli 2022. Sebelum Meninggalkan sekolah, kami diberitahu untuk bertemu dengan kepala desa sebelum kami pulang ke Batam dan melanjutkan audiensi Ke sekolah lainnya.

Saat bertemu kepala desa kami berbincang mengenai tujuan dan manfaat dari Roadshow Jawara Internet Sehat Indonesia 2022 dan KOMPAK Batam. Setelah berdiskusi dan mendapatkan sedikit nasihat dari kepada desa dan tetua desa, kami dari Jawara internet sehat Indonesia 2022 dan tim pamit mengundurkan diri.

Setelah izin pamit, kami melanjutkan berjalan kaki selama 45 menit dan sampai di pelabuhan domestik Belakang Padang sekira jam 12.45 Siang. Setelah itu, kami kembali memesan tiket pompong dan tiba di kota Batam pada jam 13.35 .

Pada hari yang sama sekitar jam 13.50 kami sudah sampai di kecamatan sekupang dan langsung menuju sekolah tujuan kedua yaitu SMAN 1 Batam yang berada di kecamatan sekupang. Sekolah ini merupakan sekolah terbaik di Kota Batam dan telah banyak mengukir prestasi dari tingkat kota hingga internasional. Kami memilih sekolah ini untuk memberikan pengetahuan terhadap para siswa di sekolah ini agar memiliki sifat kemanusiaan lebih terhadap sesama manusia melalui materi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan agar mereka dapat berhati-hati terhadap kejahatan di dunia digital dan berita hoaks.

Pada saat kami sampai di sana kami langsung menemui seorang guru yang merangkap menjadi pembina Osis, yang memiliki tugas untuk mengurus setiap kegiatan yang akan dilakukan di sekolah ini. Kami disambut dengan baik dan berdiskusi terkait rencana roadshow penyuluhan yang akan kami lakukan di sekolah ini bersama pembina osis sekolah ini kurang lebih selama 30-40 menit. Dan pada akhirnya kami sepakat akan melaksanakan kegiatan Roadhow ini pada hari selasa tanggal 26 juli 2022.

Masih pada hari yang sama setelah melakukan Audiensi ke SMAN 1 BATAM kami langsung melakukan audiensi atau perizinan ke sekolah tujuan ketiga yaitu di SMAN 4 Batam. Sekitar jam 15.00 sore kami langsung pergi ke SMAN 4 BATAM untuk melakukan Audiensi atau perizinan terkait acara Roadshow penyuluhan yang akan kami lakukan.

Kami menggunakan Transportasi umum yang sama seperti saat akan melakukan audiensi ke sekolah sebelumnya yakni transbus Batam. SMAN 4 Batam ini merupakan sekolah yang terpelosok di Kota Batam, dan akses masuknya sangat sulit karena untuk menuju ke sana harus memasuki wilayah pemukiman warga yang cukup padat. Sama seperti tujuan sebelumnya kami memilih sekolah SMAN 4 BATAM sebagai tujuan Roadshow yang akan kami lakukan ini karena kami ingin anak muda di kota batam punya pengetahuan terkait literasi digital dengan baik, bukan hanya dapat menggunakan saja namun, para anak muda khususnya di kota batam mempunyai ilmu yang berguna dalam dunia digital dan memilki sifat kemanusiaan lebih tinggi karena kami akan memberikan materi terkait pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan literasi digital.

Sesampaimya di SMAN 4 BATAM kami disambut hangat oleh wakil kepala sekolah dan langsung diajak berdiskusi terkait rencana kegiatan yang akan kami lakukan. Mereka sangat setuju atas rencana yang akan kami lakukan. Malah mereka mengharapkan agar kegiatan yang kami lakukan bisa berkelanjutan agar anak dan anak muda di kota Batam bisa menjadi melek digital dan mampu mencegah efek negatif dari dunia digital.

Setelah selesai audiensi kami pamit undur diri dengan pihak sekolah. Dan sesuai keputusan dengan pihak sekolah. Pelaksanaan kegiatan roadshow di SMAN 4 Batam dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022 dengan waktu yang akan dibahas lebih lanjut melalui Percakapan aplikasi Whats App. Setelah selesai melakukan keseluruhan kegiatan audiensi ke sekolah-sekolah Batam. Kami para Jawara Internet sehat Indonesia 2022 Kepulauan Riau yang berdomisili di Kota Batam bersama tim. Sepakat melaksanakan beberapa rapat pra kegiatan dan berkolaborasi dengan mitra kegiatan untuk bisa menyukseskan acara ini.