Web Analytics Made Easy - Statcounter
Pemuda Makassar Ciptakan Peluang dengan Teknologi Digital yang Aman - jaWAra Internet Sehat


Dwi Suprayogi, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Selatan, mengajak milenial dan Gen-Z di Kota Makassar untuk memiliki pengetahuan literasi digital serta dapat menciptakan peluang dengan adanya teknologi digital saat ini.

Perkembangan digitalisasi semakin terlihat pesat saat ini. Pekerjaan menjadi lebih ringan dengan bantuan teknologi digital. Begitupun dengan penggunaan internet, hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengakses internet termasuk milenial dan Gen Z.

Berdasarkan data riset Kominfo Tahun 2021 pengguna internet didominasi oleh Generasi Milenial dan Gen Z sebanyak 77,02%. Namun yang perlu jadi perhatian bersama, kelompok anak muda jugalah yang sering terpapar hal negatif akan perkembangan teknologi.

Hal inilah yang menjadi acuan Dwi sebagai JaWAra Internet Sehat untuk menyelenggarakan Pelatihan Literasi Digital For Millenial and Gen Z kota Makassar bekerja sama dengan Koperasi Mahasiswa UNM dan Idnesian.

Kegiatan ini diadakan pada tanggal 23 Oktober 2022 di Kantor Grapari Telkomsel Makassar. Peserta yang diundang adalah perwakilan Mahasiswa dan Siswa/I yang ada di kota Makassar. Dwi berharap nantinya mereka akan menjadi agen Internet Sehat di kampus, sekolah maupun lingkungan masing-masing dan giat melakukan kampanye serta sosialisasi terkait literasi digital dan manfaat digitalisasi.

Workshop literasi digital di buka oleh Direktur Telkomsel Area Pamasuka di Kantor Grapari Telkomsel Makassar. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Jawara Internet Sehat 2022, Perwakilan Telkomsel, Kepala Idnesian dan Ketua Kopma UNM.

Dalam paparannya, JaWAra Internet Sehat Sulawesi Selatan memperkenalkan 4 pilar literasi digital yang menjadi acuan generasi muda agar cakap dan bijak di media digital. Dwi juga mengajak milenial dan Gen-Z Kota Makassar untuk berkarya dengan memanfaatkan teknologi yang aman dan kreatif seperti menciptakan peluang dalam bisnis, personal branding, dan meningkatkan ekonomi rakyat. Selain itu pesan keamanan digital tetap disampaikan agar teknologi tidak memberikan efek negatif nantinya.

Muh Taufiq, salah satu peserta pelatihan literasi digital mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat. “Kita bisa belajar mengembangkan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital dengan baik serta belajar menjadi Generasi Literasi Digital yang Aman,” ungkapannya. Rencananya JaWAra Internet Sehat dan tim dari Telkomsel akan merancang program literasi digital per pekan bagi pemuda di Makassar. (ria)