Pemberdayaan Digital KIM di Kota Cirebon

Pemberdayaan Digital KIM di Kota Cirebon

Ada warga yang mengadu ke Kantor Diskominfo Kota Cirebon bahwa akun WhatsApp-nya diretas sehingga tidak bisa diakses. Dari akun WhatsApp yang diretas itu, pelaku minta uang kepada keluarga, kerabat. Warga berharap tim Diskominfo dapat mengembalikan akun WhatsAppnya. 

Begitulah, masih banyak warga masyarakat yang belum mengetahui bagaimana mengamankan aset digital yang mereka miliki. Mereka belum tahu, tanpa melapor ke Diskominfo pun mereka bisa melindungi akun WhatsAppnya dari upaya peretasan, yaitu dengan mengaktifkan fitur kemanan pada aplikasi tersebut. 

Minimnya pemahaman warga tentang penting dan mudahnya menjaga keamanan digital memantik Nurrul Baety Tsani dan Mahabatis Shoba menyelenggarakan program Pekan Literasi. Program ini menargetkan pesertanya pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). 

Kegiatan digelar pada 30 Oktober 2021. Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari 22 kelurahan yang ada di Kota Cirebon. Mayoritas peserta yang hadir mayoritas adalah orang tua (Bapak RT/RW, Ibu-ibu PKK, dan juga warga).

Kehadiran JaWAra Internet Sehat di Cirebon dengan program Pekan Literasi ini telah membuka pemahaman baru bagi para peserta terutama mereka para orang tua dan tergabung ke dalam Kelompok Informasi Masyarakat. 

Program ini juga memberikan pelajaran berharga bagi JaWAra bahwa ternyata masyarakat sebetulnya butuh informasi tentang privasi, keamanan data dan pencegahan hoaks ini, namun karena keterbatasan SDM dan belum banyak kegiatan diseminasi yang mengangkat 3 isu tadi, membuat dua Jawara Internetsehat asal Cirebon ini semangat untuk terus memberikan pendampingan kepada masyarakat. 

Kegiatan yang digelar JaWAra Internet Sehat mendapatkan apresiasi dari peserta dan sejumlah tokoh/pejabat daerah yang hadir. Mereka sangat mendukung dan berantusias untuk berkolaborasi kegiatan serupa agar masyarakat Cirebon secara umum dapat mengetahui informasi yang disampaikan JaWAra Internet Sehat Jawa Barat. 

Dalam kesempatan yang sama, salah seorang pejabat daerah yang hadir mendorong agar kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi dengan target peserta adalah ASN yang ada di lingkungan Pemda Kota Cirebon. (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *