Kolaborasi Literasi Digital di Pekanbaru

Kolaborasi Literasi Digital di Pekanbaru

Riau, 03 September 2021 | Webinar Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Dewasa ini penggunaan teknologi semakin berkembang dengan pesat yang antara lain ditandai dengan semakin meningkatnya penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, MySpace dan sejenisnya. Bertumbuhnya jumlah media sosial tersebut direspon dengan meningkatnya jumlah pengguna (user) yang mengindikasikan tingginya animo masyarakat dalam penggunaan teknologi. Media sosial adalah salah satu sarana sosialisasi masyarakat melalui internet atau dunia maya (virtual). Sama seperti sarana sosialisasi dalam dunia riil, maka dalam media sosial setiap orang memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui aspirasi, opini, masukan yang biasa disebut „comment‟ atau komentar dalam media sosial dimaksud, di samping memberikan komentar, para pengguna atau users juga dapat melakukan unggahan atau uploading dan melakukan unduhan atau downloading atas berbagai gambar maupun suara.

Salah  satu  yang  menjadi  isu  dalam  penggunaan  media  sosial  adalah  sejauh  mana pengguna dapat memberikan komentar-komentar atau tulisan dan informasi lainnya sehingga tidak menyinggung orang lain, mengganggu kenyamanan orang lain dan bahkan dianggap melakukan pencemaran nama baik. Terkait dengan hal tersebut masalah yang kerap mengemuka terkait  batasan dimaksud adalah pencemaran nama baik  yang erat kaitannya dengan penggunaan media sosial.

Masuknya wabah COVID-19 di Indonesia memberikan  peluang  sekaligus  tantangan  baru  bagi  masyarakat  di dunia digital. Peluang muncul dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan beragam penggunaan  untuk berbagai  macam aktivitas produktif,  termasuk  bekerja dan  belajar.  Akan tetapi  hal ini juga beriringan  dengan  munculnya  beragam  tantangan, seperti  makin  maraknya dan berkembangnya berita dan informasi hoaks/disinformasi terkait  COVID-19 dan Vaksinasi, tantangan terkait privasi dan data pribadi di internet dan berbagai kriminal phising and scamming.

” High appreciation and thank you for this invitation, Senang rasanya bisa hadir dan berbagi dengan teman-teman yang telah bergabung dalam kegiatan ini, khususnya Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Pekanbaru Smart Community dan Persatuan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI) Pekanbaru Riau atas semangat dan dedikasi yang dilakukan sebagai bagian dan upaya memberikan nilai edukasi dan literasi digital mendukung Indonesia Makin Cakap Digital “. | Andira JaWAra Internet Sehat

Dalam kegiatan yang telah dilaksanakan, turut hadir Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau dan peserta kegiatan merupakan kalangan mahasiswa dan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *