Nongkrong Online, Biar Makin Pinter Digital

Nongkrong Online, Biar Makin Pinter Digital

Tak sedikit yang mengandalkan jasa pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Belum lagi di tengah pagebluk COVID-19. Ada yang harus berjuang secara kesehatan dan ada yang tetap harus bertahan hidup karena imbas PHK.

Foto oleh Kamaji Ogino dari Pexels

Meskipun banyak yang menjanjikan kemudahan tanpa agunan, para pengguna banyak yang dijebak dengan penagihan yang tidak wajar. Misalnya, berkata kasar hingga menarik kontak data yang tersimpan di ponsel pengguna untuk mendorong penagihan. Belum lagi, perusahaan pinjol ini ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Surya Fajar Saputra dan Buban Saputra Sebnor, JaWAra Internet Sehat dari Kalimantan Timur merasa kondisi ini begitu dekat dengan masyarakat, termasuk di wilayah mereka tinggal.

“Isu terkait keamanan digital dan data privasi di Kalimantan Timur masih terbilang cukup minim edukasinya, sehingga melalui program ini harapannya bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ungkap Surya.

Oleh karenanya, mereka berinisiatif untuk mengadakan edukasi santai bertajuk “Nongkrong Online: Obrolan Digital Bareng RTIK” pada 13 Agustus 2021. Kegiatan ini menarik perhatian masyarakat umum, mahasiswa, dan pelajar. 

Sekitar 269 peserta hadir dalam acara ngobrol santai daring tersebut. Meskipun sedikit dari peserta yang pernah mendapat edukasi seputar literasi digital, tapi semuanya ikut antusias saat mendengarkan sesi sharing informasi terkait keamanan digital, seperti pinjol ilegal.

Ngobrol online kali ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya memilih pinjol yang aman, melindungi data pribadi, serta seputar keamanan digital lainnya. 

Kegiatan ini berjalan cukup interaktif, banyak peserta yang merespons, bertanya, maupun berbagi pengalaman mereka. Surya dan Buban memahami peserta lebih nyaman kegiatan diadakan secara luring. 

Oleh karenanya, bila kondisi pandemi berangsur pulih, mereka berencana melanjutkan edukasi dan sosialisasi tentang keamanan digital ke wilayah Kalimantan Timur secara onsite. (ma/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *