Web Analytics Made Easy - Statcounter
Pelajar Menjelajah bersama JaWAra Internet Sehat - jaWAra Internet Sehat

Tren penggunaan gadget pada anak dan remaja yang berlebihan bahkan digunakan bukan untuk keperluan yang mengarah kearah positif seperti pengembangan diri, pendidikan dan hal positif lainnya. Kebanyakan waktu penggunaan gadget hanya untuk keperluan bermain game dan bersenang- senang. Menyikapi tren tersebut, jaWAra InternetSehat berupaya meningkatkan literasi digital mereka.

Inisiatif jaWara InternetSehat tak hanya menargetkan anak atau remaja, tapi juga tenaga pendidik seperti guru, melalui pengenalan aplikasi baca atau website resmi perpustakaan nasional dan website baca lainnya untuk memperoleh bahan ajar dan bahan baca keperluan Pendidikan.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk workshop atau seminar literasi digital secara luring yang mengundang peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari 15 sekolah di kabupaten gowa dan kota makassar. Jumlah calon peserta yang melakukan registrasi diluar ekspektasi, tingginya tingkat antusias dari para calon peserta sehingga registrasi ditutup lebih awal dan harus melalukan penyaringan lagi. Penyaringan atau seleksi dimaksudkan agar semua sekolah yang daftar jumlah pesertanya merata minimal ada 1 perwakilan agar nanti bisa membantu menyebarluaskan info melalu poster yg dibagikan.

Selain itu, karena kegiatan luring jumlah pesertanya terbatas, maka dilakukan penyebarluasan poster ke 20 sekolah termasuk 15 sekolah masing masing perwakilan peserta yang hadir pada kegiatan luring, agar informasi terkait pada kegiatan luring, ilmu dan apa yang di sharing terus mengalir dan tersebar sampai kesekolah sekolah peserta.

Seminar Literasi Digital ini membicarakan 3 topik menarik yakni “”Bersama Melawan Hoax” dan “Perlindungan Data Pribadi””, “Meningkatkan Minat Baca di Dunia Pendidikan” dan “Digitalisasi Literasi”. Setiap sesi dengan topik berbeda dibangun dengan semenarik mungkin sehingga para peserta aktif dan responsif.

Ada banyak cerita dan pengalaman menarik para peserta yang mereka ceritakan di setiap sesi, salah satu yang banyak adalah meceritakan pengalaman terkait akun media sosial yang dibobol atau diretas, pembajakan akun dan pencurian data pribadi. Selain itu juga banyak menceritakan pengalaman dan contoh kasus hoax yang marak dan sering mereka jumpai

Sebenarnya kegiatan ini pernah diinisiasi oleh Forum Anak Kabupaten Gowa 2019 lalu, dengan program “Menjelajah: Membuka Jendela Dunia di Tengah Pandemi”. Berkaca pada kesuksesan dan keberhasilan acara dimaksud menginisiasi kegiatan serupa melalui program JaWAra Internet Sehat tahun 2022, dengan nama kegiatan “Menjelajah (Menelusuri Jendela Dunia bersama JaWAra Internet Sehat)”.

Konsep kegiatan ini adalah workshop dan sosialisasi langsung dan tidak langsung, sosialisasi langsung berupa acara seminar ataupun pelatihan langsung terkait digitalisasi literasi. Narasumbernya dari JaWAra Internet Sehat SuSel 2022 (Annursyam Maulana S) yang membahas “Bersama Melawan Hoaks” dan “Perlindungan Data Pribadi””. Dari Duta Baca Sulawesi Selatan 2018-2020 (Rezky Amalia Syafiin, SH.) membahas bagaimana “Meningkatkan Minat Baca di Dunia Pendidikan” . Terakhir dari Duta Bahasa Sulawesi Selatan 2022 (Nurul Alwiah) memaparkan “Digitalisasi Literasi Sosialisasi”.