Membekali Mahasiswa dengan Literasi Digital

Membekali Mahasiswa dengan Literasi Digital

Hampir semua mahasiswa merupakan pengguna aktif di sosial media, oleh sebab itu sangat penting memberikan pemahaman kepada mereka tentang tidak semua hal perlu dibagikan di sosial media. Misalnya tentang data pribadi yang sangat berisiko disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di masa pandemi ini mereka sangat sering menerima hoaks tentang pemberian kuota gratis dari pemerintah untuk kebutuhan kuliah online di group-group whatsapp, sehingga mereka tidak sadar sudah terjerat bahaya phising yang dapat merugikan data-data pribadi mereka di dunia digital.

Untuk membekali mahasiswa, jaWAra InternetSehat Makassar, Muhammad Aswar memberikan kelas pembekalan kepada calon anggota baru komunitas KeDai Computerworks yang akan menjalankan tugas meningkatkan kemampuan IT di masyarakat.

Sebelum meningkatkan kemampuan IT di masyarakat, sebaiknya lebih dahulu meningkatkan kemampuan Literasi Digital khususnya tentang bahaya Hoaks dan Perlindungan Data Pribadi. Sehingga kelas ini menjadi sangat penting buat teman-teman calon anggota Komunitas KeDai Computerworks. Kegiatan ini digelar pada 21 November 2021. Berkolaborasi dengan Komunitas KeDai Computerworks.

Berkat mengikuti kegiatan ini, para peserta menjadi lebih paham tentang apa itu misinformasi dan disinformasi sehingga menjadi lebih waspada dan tidak terburu-buru menyebarkannya yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat. Para peserta juga menjadi lebih paham tentang apa itu phising dan bagaimana modus-modusnya sehingga mereka menjadi lebih waspada apabila menerima pesan-pesan dari berbagai grup khususnya di Whatsapp. (mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *