Web Analytics Made Easy - Statcounter
[Lombok Info] Dari Workshop Pembuatan Blog, Hingga Jadwal Khusus Ngeblog di PAMSI - jaWAra Internet Sehat

Lombok Info – Gelaran workshop pembuatan blog yang digagas oleh komunitas Begibung Blogger Lombok bekerja sama dengan JaWAra Internet Sehat NTB 2022 telah tiba di lokasi sekolah kedua, Sabtu (13/8). Bertempat di ruang serbaguna ‘Fatimah’, Pesantren Alam Sayang Ibu (PAMSI), workshop ini diikuti oleh 44 peserta yang merupakan nune dende (sebutan siswa siswi) kelas VIII.

Dengan mengangkat tajuk “Blogging Workshop #2: Berkarya di Media Sendiri, Keren Gak sih?”, kegiatan dibuka secara resmi oleh Pimpinan Pesantren Alam Sayang Ibu, Bapak Dr. Jamaluddin Abdullah, M.Ed. Dalam sambutannya, penulis buku “Diary Al-Qur’an: Lima Yuhyikum” tersebut sangat mendukung adanya kegiatan positif yang sangat sejalan dengan visi misi PAMSI.

“Blogging ini kegiatan yang sangat baik. Menulis, mendokumentasikan hal-hal yang kita pikirkan, yang kita alami, agar kelak bisa dibaca oleh orang banyak dan dapat memberikan manfaat”, tambahnya.

Tak sampai di situ, pria yang akrab disapa Pak Je tersebut menyatakan akan mendukung penuh nune dende PAMSI yang ingin fokus menjadi blogger. Di mana nantinya, siapa saja yang ingin memposting tulisannya di blog, akan diberikan kesempatan selama 1 jam untuk menggunakan laptop dan mengakses internet di luar waktu belajar. Dukungan itu sontak disambut baik oleh nune dende peserta blogging workshop.

Terbukti dari semangat para peserta yang seolah tak ada habisnya, sejak awal hingga akhir acara. Narasumber yang dihadirkan pun kian menambah semangat nune dende PAMSI untuk mulai menulis di blog dan berusaha meraih prestasi.

“Tahu tidak, sebelum ngeblog, saya ingin sekali bisa naik pesawat. Eh ternyata dari memenangkan lomba blog, saya tidak hanya bisa naik pesawat, tapi sampai dapat hadiah liburan ke luar negeri”, jelas Lalu Alfian, blogger sekaligus illustrator yang menjadi salah satu narasumber Blogging Workshop #2.

Kehadiran narasumber berikutnya, yakni Andy Hardiyanti Hastuti, blogger sekaligus JaWAra Internet Sehat NTB 2022, dengan membawakan materi tentang pentingnya memposting konten yang sehat dan tidak mengandung hoaks di blog, kian melengkapi materi yang disajikan dalam workshop tersebut.

Usai sesi praktik, para peserta berlomba-lomba tunjuk tangan agar bisa ke depan menampilkan postingan blog yang telah dipublikasikannya. Dari sesi ini, terlihat bahwa mereka menyerap dengan baik materi yang disampaikan dan mampu menerapkan, mempraktikkannya, meski dalam waktu singkat. Jelang berakhirnya acara, terdengar obrolan dari masing-masing mereka terkait rencana akan memposting tulisan dengan topik apa lagi di halaman blognya.

Kegiatan yang didukung sejumlah perusahaan dan UMKM lokal antara lain IndiHome, Adhitama, Nutsafir, Roti Gembong Mandalika, dan Lombok Info ini adalah workshop kedua dalam rangkaian 4 Blogging Workshop di 4 SMP se-Kota Mataram dan Lombok Barat, antara lain SMP Negeri 6 Mataram, Pesantren Alam Sayang Ibu, SMP Negeri 13 Mataram, dan SMP Tunas Daud. **

[Link Publikasi: https://lombokinfo.id/lombok-update/dari-workshop-pembuatan-blog-hingga-jadwal-khusus-ngeblog-di-pamsi/]