Web Analytics Made Easy - Statcounter
[Lombok Info] Blogging Workshop di SMPN 13 Mataram, Tumbuhkan Minat Ngeblog di Kalangan Siswa hingga Guru - jaWAra Internet Sehat

Lombok Info – Kamis (18/8), workshop pembuatan blog yang digagas oleh JaWAra Internet Sehat NTB 2022 bekerja sama dengan komunitas Begibung Blogger Lombok tiba di lokasi sekolah yang ketiga, yakni SMP Negeri 13 Mataram. Sekolah yang akrab dengan nama Spentibels tersebut tidak hanya mengikutsertakan para siswanya sebagai peserta, tetapi juga beberapa orang guru dengan latar belakang keilmuan yang berbeda-beda.

Bertempat di Ruang Komputer SMP Negeri 13 Mataram, kegiatan workshop dibuka oleh Bapak H. Ahmad Saehu, S.Pd, selaku Kepala Sekolah. Sosok yang juga merupakan salah satu narasumber Indonesia Makin Cakap Digital 2022 tersebut, dalam sambutannya, menyampaikan sejumlah hal terkait pentingnya kita memahami literasi digital. Bagaimana teknologi yang senantiasa berkembang dengan cepatnya, perlu pula dibarengi oleh kecakapan kita semua sebagai pengguna. Itulah yang menjadi alasan beliau menyambut dengan baik kegiatan yang digagas oleh JaWAra Internet Sehat NTB 2022 ini.

“Bersyukurlah, karena sekolah kita menjadi satu dari empat sekolah yang menjadi lokasi diselenggarakannya workshop pembuatan blog dari JaWAra Internet Sehat. Simak dan praktikkan, ilmu mahal ini nak”, pesannya kepada para peserta.

Hadir sebagai narasumber, Andy Hardiyanti Hastuti (JaWAra Internet Sehat NTB 2022), yang kali ini berduet dengan Baiq Ainun Puspitasari. Menarik, karena Ainun-panggilan akrabnya, adalah seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawati di salah satu kantor pemerintahan di Kabupaten Lombok Barat. Di luar tanggung jawabnya di kantor tempat ia bekerja, Ainun pun adalah seorang MC atau Master of Ceremony pada sejumlah acara, sehingga dengan mudahnya ia dapat mengambil perhatian para peserta saat penyampaian materi.

Para siswa dan siswi yang berasal dari berbagai tingkatan kelas tersebut menyimak materi yang disampaikan serta mempraktikkan langsung dengan membuat halaman blog pribadi mereka. Kemudian mereka membuat postingan pertama sesuai topik yang diminati.

Tak hanya siswa, para guru yang menjadi peserta pun antusias, mengikuti step by step materi yang diajarkan. Salah satunya yaitu Ibu Minarni, S.Pd, yang menyempatkan diri untuk hadir pada workshop yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut.

“Saat tahu akan ada workshop pembuatan blog ini, saya langsung tertarik untuk ikut serta. Saya dulu pernah punya blog, tapi tahu buat saja. Sekarang baru tahu bagaimana mengelolanya, bahkan membuat postingan di sana”, jelasnya.

Lebih lanjut, guru mata pelajaran IPS itu bahkan menegaskan ke siswanya betapa pentingnya untuk memahami bagaimana membuat tulisan yang menarik di blog. Ia pun terpikir untuk kelak menyajikan materi pelajaran di blog, agar mudah diakses oleh siswa-siswinya. Termasuk pula untuk tugas, menurutnya, sepertinya menarik bila siswa-siswi mengumpulkan dalam bentuk tautan postingan blog.

Kegiatan yang didukung sejumlah pihak tersebut, yakni IndiHome, Adhitama, Nutsafir, Roti Gembong Mandalika, Mafindo Mataram dan Lombok Info ini adalah workshop ketiga dalam rangkaian Blogging Workshop di 4 SMP se-Kota Mataram dan Lombok Barat, antara lain SMP Negeri 6 Mataram, Pesantren Alam Sayang Ibu, SMP Negeri 13 Mataram, dan SMP Tunas Daud. **

[Link Publikasi: https://lombokinfo.id/lombok-update/blogging-workshop-di-smpn-13-mataram-tumbuhkan-minat-ngeblog-di-kalangan-siswa-hingga-guru/]