Tempuh 14 Jam Perjalanan Demi Literasi Digital

Tempuh 14 Jam Perjalanan Demi Literasi Digital

Workshop Literasi Digital yang mengangkat tema “Isu Hoax Covid-19 dan Menjaga Keamanan Data Pribadi dalam Pengembangan Kreativitas Generasi Muda” diselenggarakan di Kabupaten Aceh Singkil.  Kegiatan Workshop Literasi Digital ini dilaksanakan di Sekolah SMA Negeri 1 Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil.

Aceh Singkil yang terletak jauh dari Ibu kota Provinsi ini memakan waktu 14 jam perjalanan darat untuk tiba di lokasi. Baru-baru ini ada kejadian menarik terjadi di kabupaten tersebut, dimana matinya seekor anjing yang sontak membuat kejadian tersebut menjadi viral. Kematian Anjing tersebut juga mendatangkan argumen yang positif maupun negatif.

Reza Aulia dan Team turun langsung ke lapangan untuk mengedukasikan para pelajar yang baru akan memiliki KTP. Sebagai pegiat literasi digital dan menolak kedatangan hoaks, reza berhasil meliterasi siswa/i di sekolah tersebut. dimana beliau menjelaskan bagaimana memverifikasi sebuah berita dan menjelaskan beberapa tips dan trik ketika mendapatkan sebuah informasi.

Meskipun para siswa yang hadir tidak membawa smartphone, namun mereka antusias mencatat bagaimana alur memverifikasi informasi melalui Chatbot Whatsapp. terbukti setelah reza menanyakan kembali bagaimana langkah-langkah dalam memverifikasi informasi melalui Chatbot Whatsapp. salah satu Putri menjelaskan kepada reza bagaimana tahapannya di mulai mengakses s.id/jagaprivasi lalu kemenu cek hoaks. disamping itu putri tersebut juga menjelaskan bagaimana solusi jika akun sosmed di retas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada reza membuat suasana menjadi menarik. namun karena waktu yang singkat, sehingga reza juga meninggalkan kontaknya untuk dapat dilanjutkan pada komunikasi melalui chat whatsapp. diakhir acara reza juga membagikan beberapa marchandise kepada anak-anak sekolah tersebut dan memberikan doorprize bagi siswa/i yang dapat menjawab pertanyaan dari reza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *