Komunikasi Kunci Kolaborasi JaWAra

Komunikasi Kunci Kolaborasi JaWAra

Pandemi COVID-19 memberikan peluang sekaligus tantangan baru dan luar biasa bagi masyarakat di dunia digital. Peluang muncul dengan berbagai variasi dan meningkatnya jumlah pengguna internet dan beragam penggunaan dan keperluan untuk berbagai macam aktivitas produktif, termasuk bekerja dan belajar. Akan tetapi hal ini juga beriringan dengan munculnya beragam tantangan, seperti makin maraknya dan berkembangnya berita dan informasi hoaks/disinformasi, khususnya terkait COVID-19 dan Vaksinasi serta tantangan terkait privasi dan data pribadi di internet dan era digital saat ini.

Komunikasi yang efektif dan berkelanjutan merupakan upaya dan langkah nyata dalam membangun kerjasama yang baik terhadap seluruh pihak. Sebagai langkah awal dalam menjalankan program dan kegiatan Edukasi Literasi Digital dengan konsep Assistancing and Strengthening Workshops Digital Literacy dengan mengangkat 2 isu utama terkait hoaks Covid-19 dan Vaksinasi serta Keamanan Privasi dan Data Pribadi di era digital, JaWAra Internet Sehat membangun komunikasi secara langsung kepada beberapa mitra kegiatan yang terdiri dari unsur Instansi Pemerintahan diantaranya Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis serta Perguruan Tinggi yang berada di Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, komunikasi dibangun dengan sistem komunikasi digital yang disampaikan ke IAI Tafaqquh Fiddin Dumai dan LP2M IAI Tafaqquh Fiddin Dumai dan dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Siak dengan asas agar program ini dapat tercapai di beberapa kota atau kabupaten yang menjadi target utama kegiatan ini.

Usaha dan upaya lain juga telah dilakukan dengan membangun komunikasi dan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan di skala Provinsi Riau dengan mitra Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau, Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan komunitas lokal dengan asas agar masyarakat Riau dapat menerima dan menjangkau kegiatan ini dengan baik dan terwujudnya masyarakat yang cerdas, bijak, tepat dan terliterasi.

Pada beberapa pertemuan yang telah berlangsung, Instansi Pemerintahan Kabupaten Bengkalis, Perguruan Tinggi dan beberapa komunitas lokal sangat menyambut baik dan mendukung untuk menjalankan program dan kegiatan Edukasi Literasi Digital ini agar terlaksana dengan baik, efektif dan memberikan dampak dan manfaat yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *