Kolaborasi Literasi di Ujung Kabupaten Bekasi

Kolaborasi Literasi di Ujung Kabupaten Bekasi

Samudera Indonesia Peduli mempersembahkan Dongeng Samudera yang berisi tentang sosialisasi keselamatan penumpang dan internet sehat di MTS Nurul Ihsan yang berlokasi Kampung Belukbuk Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong pada Rabu (17/11).

Acara ini menggandeng Forum TBM Kabupaten Bekasi yang menyusupkan sosialisasi keselamatan penumpang perahu sekolah dalam Dongeng Samudera. Kelas ini diisi dengan adegan drama yang melibatkan beberapa siswa dan dipandu oleh Bunda Dwi dari Forum TBM dan Bunda Ani dari Read a Loud begitu atraktif dan edukatif diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 sebanyak 100 orang.

Sementara itu di kelas lain, acara Roadshow JaWara Internet Sehat dihadiri pelajar siswa-siswi kelas 9 MTs Nurul Ihsan yang berjumlah 50 orang ini tak kalah seru jika diisi oleh Kak Tiara Lestari sebagai JaWAra internet Sehat dan Kak Shandi Ismail dari Komunitas Atap Satu Keadilan.

Keseluruhan acara di dalam dua kelas dimulai pada pukul 09.00 WIB langsung memasuki acara inti di mana materi pertama yang disampaikan oleh Kak Tiara Lestari mengenai Hoaks. Ia mengatakan, gunakan mata untuk membaca, otak untuk berpikir, hati untuk memilah, tapi jangan gunakan jarimu untuk menyebarkan hoaks.

Ia juga berpesan agar kita harus berhati-hati dalam mempercayai dan meneruskan informasi, jika itu hoaks maka jangan diteruskan. Sementara Kak Shandi Ismail menjelaskan Etika Digital. Ia mengatakan bahwa dalam menjelajahi dunia digital, kita harus menghargai orang lain, harus tetap bersikap baik dan beretika seperti halnya di dunia nyata.

Keseruan kali ini ditutup dengan mengarungi sungai Citarum menggunakan kapal Sinar Waisai yang dalam keseharian melakukan antar jemput siswa siswi MTS Nurul Ihsan hingga ke ujung muara Laut Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *