Jawara Internet Sehat SULTENG Ciptakan Cardgame

Jawara Internet Sehat SULTENG Ciptakan Cardgame

Perkembangan teknologi digital mendorong setiap lapisan masyarakat untuk lebih sadar dan cakap digital. Dengan demikian pemerintah dan berbagai pihak lebih masif melakukan berbagai kegiatan literasi digital . Harapannya kegiatan literasi digital dapat menyasar semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Andi Rizky, sebagai perwakilan Jawara Internet Sehat dari Sulawesi Tengah melakukan kegiatan literasi digital dengan cara yang berbeda. Andi menggagas pembuatan card game berjenis kartu kwartet sebagai media belajar dalam melakukan kegiatan literasi digital. Dengan menggunakan Card Game, Andi dan kawan-kawan berharap kegiatan literasi digital bisa lebih diterima oleh masyarakat khususnya pelajar dan anak-anak yang terbiasa memainkan kartu kwartet

Untuk mencapai hasil optimal, kegiatan ini menggandeng 16 guru dan pengelola taman baca di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala sebagai mitra lokal yang akan mensosialisasikan cardgame ini di desa/kelurahannya masing-masing.Sebelum melakukan sosialisasi, 16 mitra lokal telah mengikuti Training of Trainer (TOT) selama 3 hari. Adapun konten materi yang disajikan dalam TOT di antaranya 4 pilar literasi digital, tips menangkal hoaks di masyarakat, dan melindungi data digital. Melalui kegiatan TOT ini para mitra lokal diharap lebih siap melakukan kegiatan literasi di masyarakat sekitar.

Kegiatan literasi digital melalui card game ini mulai dilaksanakan pada akhir bulan Agustus hingga awal bulan September 2021. Kegiatan ini menargetkan 800 pelajar sebagai pemain card game di 3 kabupaten wilayah Sulawesi Tengah yakni Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala. Dalam implementasinya, selain didukung oleh WhatsApp dan ICT Watch melalui program Jawara Internet Sehat, kegiatan ini juga didukung oleh Kominfo dan Siberkreasi melalui program Local Champion Indonesia Makin Cakap Digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *