Web Analytics Made Easy - Statcounter
JaWAra Internet Sehat Papua Barat Menyapa Pelajar MAN Kota Sorong - jaWAra Internet Sehat

Muhid Rumbalifar, JaWAra Internet Sehat Papua Barat membagikan pengalamannya saat berkolaborasi dengan jurnalis dalam memberikan edukasi literasi digital kepada pelajar MAN Kota Sorong.

Pemahaman terkait perlindungan data pribadi dan mencegah penyebaran hoaks sebaiknya dilakukan pada mereka yang paling dini berhadapan dengan dunia digital. Mereka tidak lain adalah generasi muda, atau pelajar usia SMP maupun SMA/MA. Ketika mereka telah paham dan dapat bijak memanfaatkan perangkat serta media digital, maka mereka pun dapat mewaspadai konten-konten hoaks serta yang membahayakan keamanan digital.

Hal inilah yang melatarbelakangi JaWAra Internet Sehat Papua Barat untuk menggelar edukasi literasi digital bagi pelajar di daeranya. MAN Kota Sorong terpilih menjadi salah satu lokasi diadakannya kegiatan tersebut. Bertempat di Aula MAN Model Kota Sorong, dengan berkolaborasi bersama BertemanAman, RTIK, dan jurnalis Kota Sorong, kegiatan dilaksanakan pada 3 November 2022 lalu.

Kegiatan yang diikuti oleh total sebanyak 55 peserta tersebut menghadirkan dua orang narasumber yakni Muhammad Fadil Hasa, seorang dosen Universitas Muhammadiyah Sorong, dan Olha Irianti Mulalinda yang merupakan Pemimpin Redaksi sorongnews.com. Tidak ketinggalan pula pemaparan materi terkait literasi digital oleh Muhid Rumbalifar selaku JaWAra Internet Sehat Papua Barat.

Melalui kegiatan ini, pelajar MAN Kota Sorong yang menjadi peserta mendapatkan banyak sekali materi terkait bagaimana membuat tulisan yang baik, yang tidak mengandung hoaks maupun ujaran kebencian. Mereka pun belajar bagaimana mengenali ciri-ciri konten hoaks, belajar untuk tahu kapan sebuah konten atau informasi itu perlu disebar, lebih waspada akan keamanan digital dari akun-akun yang dimiliki, paham konsep saring sebelum sharing, yang pada akhirnya hal tersebut dapat bermanfaat bagi diri mereka sendiri, karena dapat meninggalkan jejak digital yang baik maupun buruk. Bergantung apa yang mereka lakukan di dunia digital.

Harapannya, kegiatan demikian dapat dilakukan di sekolah-sekolah lain yang ada di Kota Sorong, bahkan Provinsi Papua Barat. Sehingga mereka, para generasi muda memiliki bekal yang cukup dalam berhadapan dengan dunia digital, berikut segala tantangan-tantangannya. (and)