Tode Samawa Makin Cakap Digital di Sumbawa

Tode Samawa Makin Cakap Digital di Sumbawa

“Indonesia Makin Cakap Digital” adalah sebuah inisiatif bersama untuk mendorong literasi digital di Indonesia. Presiden Joko Widodo sendiri menegaskan bahwa literasi digital adalah kerja besar, dan pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.

Berkaitan dengan hal tersebut, ICT Watch bekerjasama dengan WhatsApp, mengambil peran untuk dapat membantu meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia, dengan rangkaian kegiatan Edukasi Literasi Digital, dengan salah satu aktivitas yang dijalankan adalah peningkatan kapasitas anak muda dari berbagai daerah di Indonesia melalui program Youth Movement for Digital Literacy: JaWAra Internet Sehat. Program ini mengajak para #JaWaraInternetSehat untuk dapat menginisiasi dan melaksanakan kegiatan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing. Untuk memulai kegiatan tersebut,

Salah satu JaWAra Internet Sehat yang terpilih dari Nusa Tenggara yaitu saudara Subhan Azharullah dari Kabupaten Sumbawa, yang akan menginisiasi berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa mulai dari bulan September-November 2021. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Roadshow Literasi Digital “Tode Samawa Makin Cakap Digital”. Subhan yang juga merupakan Relawan TIK Kabupaten Sumbawa dan Dewan Pembina Organisasi Anak Samawa sengaja memilih target kegiatan perdana nya ini dengan sasaran anak-anak. Sebagaimana diketahui bersama, beberapa bulan terakhir ini marak beredar video di aplikasi tik-tok yang dibuat oleh beberapa anak-anak kecamatan di Kabupaten Sumbawa yang melanggar norma-norma kesopanan dan etika dalam dunia digital. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak, agar bisa memanfaatkan dunia digital khususnya di sosial media secara sehat dan bijak.

Kegiatan ini akan dilaskanakan pada tanggal 08-20 September 2021  di  9 Forum Anak Kecamatan yaitu Tarano, Empang, Lopok, Moyo Hulu, Moyo Hilir, Sumbawa, Unter Iwes, Utan dan Alas serta  Forum Anak Kabupaten (Forum Anak Samawa). Selain itu kegiatan disetiap kecamatan akan dirangkaian dengan Pengukuhan Pengurus  Forum Anak Kecamatan oleh Camat masing-masing.

Adapun narasumber yang akan mengisi kegiatan tersebut antara lain : Subhan Azharullah (JaWAra Internet Sehat NTB, Relawan TIK Kab.Sumbawa, Dewan Pembina Organisasi Anak Samawa), Oktavian Rahman Koko (Dewan Pembina Organisasi Anak Samawa),Rimas Intan Katari (Dewan Pembina Organisasi Anak Samawa, Dosen Fakultas Hukum Universitas Samawa), I Made Widiarta ( Ketua Relawan TIK Kab.Sumbawa, Dosen Universitas Teknologi Sumbawa), Shinta Esabella (Relawan TIK Kab.Sumbawa, Dosen Universitas Teknologi Sumbawa) dan Nawassyarif (Relawan TIK Kab.Sumbawa, Dosen Universitas Teknologi Sumbawa).

Para narasumber akan menyampaikan materi terkait  : Bijak Bermedia Sosial, Mencegah dan Menghindari Hoaks dan Menjaga Data Pribadi di Dunia Digital. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan mitra lokal yaitu Forum Anak Samawa, Relawan TIK Kab.Sumbawa,  Pemerintah Daerah kabupaten Sumbawa melalui Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa, serta Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *