Web Analytics Made Easy - Statcounter
[Lombok Info] JaWAra Internet Sehat Lahirkan Blogger Muda di Spena - jaWAra Internet Sehat

Lombok Info – Rabu (10/8) telah berlangsung kegiatan workshop pembuatan blog bertajuk “Blogging Workshop #1: Berkarya di Media Sendiri, Keren Gak sih?” bertempat di Laboratorium Komputer SMP Negeri 6 (Spena) Mataram.

Kegiatan yang digelar oleh jaWAra internet sehat NTB bekerja sama dengan komunitas
Begibung Blogger Lombok dan ICTWatch ini menghadirkan Sudomo S.Pt, yang merupakan seorang guru sekaligus blogger di Lombok, serta Andy Hardiyanti Hastuti yang juga berprofesi sebagai blogger profesional dan jaWAra internet sehat NTB 2022, sebagai narasumber.

Kegiatan dimulai tepat pukul 09.00 WITA, dengan sambutan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Mataram, Bapak H. M Sibawaeh, S. Pd. yang sekaligus juga membuka acara.

Dalam sambutannya, kepala sekolah yang baru dilantik di tahun 2022 tersebut menyampaikan
sejumlah informasi terkait prestasi Spena Mataram.

Ia berujar bahwa sekolah yang dipimpinnya ini telah mencatatkan hal baik dalam bidang literasi. Mulai dari nilai rapor siswa-siswi yang senantiasa di atas rata-rata, hingga tingginya catatan kunjungan perpustakaan mereka di bulan kemarin, yang tercatat ada lebih dari 1000 kunjungan pada bulan Juli 2022 silam. Kunjungan itu adalah yang tertinggi selama ini di Spena.

Lebih lanjut, Bapak H. M Sibawaeh, S. Pd. menyambut baik kegiatan positif yang digelar oleh jaWAra internet sehat NTB ini.

Sibawaeh berharap, kelak lewat media blog yang telah dibuat, siswa-siswi SMP Negeri 6 Mataram semakin bersemangat dalam berkarya.

Kegiatan ini secara keseluruhan diikuti oleh 66 siswa. Tiap kelas mengirimkan perwakilan duta literasi sebagai peserta.

Adapun materi workshop yang peserta dapatkan yakni terkait cara pembuatan blog, membuat artikel baru, serta bagaimana membuat konten blog yang sehat dan tidak mengandung hoaks.

Kegiatan semakin seru ketika beberapa orang peserta diminta menampilkan halaman blog,
sekaligus postingan baru yang baru dibuatnya. Para peserta dinilai mampu membuat halaman blog dan membuat postingan sederhana yang baik, meski hanya diberikan pembekalan singkat.

Ibu Elizabeth selaku Ketua Bidang Literasi di SMP Negeri 6 Mataram berharap apa yang telah
dipelajari oleh duta literasi ini bisa diteruskan ke siswa-siswi lainnya.

Elizabeth pun optimis bahwa kelak
blog yang telah dibuat oleh para peserta tersebut akan terus diisi oleh siswa-siswinya, dengan konten yang lebih bermanfaat.

Kegiatan yang didukung sejumlah brand seperti IndiHome, Adhitama, Nutsafir, Roti Gembong Mandalika, dan Lombok Info ini adalah workshop pertama dalam rangkaian 4 Blogging Workshop di 4 SMP se-Kota Mataram dan Lombok Barat, antara lain SMP Negeri 6 Mataram, Madrasah Alam Sayang Ibu, SMP Negeri 13 Mataram, dan SMP Tunas Daud. **

Reporter: Mustamar Natsir

[Publikasi Media: https://lombokinfo.id/lombok-hari-ini/jawara-internet-sehat-lahirkan-blogger-muda-di-spena/897/]