Workshop Literasi Digital: Asal Klik, Asal Ketik : Ambyar!

Workshop Literasi Digital: Asal Klik, Asal Ketik : Ambyar!

Workshop literasi digital “Asal Klik, Asal Ketik : Ambyar!!” Lahir dari kolaborasi antara jawara internet sehat bengkulu dan backpacker teaching bengkulu. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital untuk masyarakat bengkulu terutama kaum milenial agar lebih aware dgn dunia digital.


Diikuti lebih kurang 40an peserta workshop ini digelar tentunya dengan mematuhi prokes yang ketat. Para pemateri yg hadir pun sangat berkompeten di bidang literasi digital. Seperti Pak Henri, S. STP selaku kabid informasi dan komunikasi publik di Diskominfotik Prov. Bengkulu yang membahas soal hoaks dan pencurian dara pribadi melalui kacamata UU ITE.

Banyak sekali yang beliau sampaikan terutama soal hukum yang berlaku bagi penyebar hoaks maupun pencurian data pribadi. Disisi lain beliau juga menekankan pada peserta untuk lebih bijak dalam menyebarkan informasi dan data pribadi, agar tidak terjadi dampak buruk dikemudian hari. Pemateri selanjutnya ada pak Zacky Antony, SH, MH. Selaku ketua dewan kehormatan pwi prov. Bengkulu, beliau berbicara mengenai bahaya dan ancaman hoaks terutama diera digital saat ini. Banyak orang yang hanya sekedar membaca judul berita dan asal share tanpa melihat isi beritanya dulu, tanpa mengecek sumber beritanya dulu. Padahal membaca berita atau informasi bukan hanya dri judulnya saja, akan tetapi harus membaca secara keseluruhan agar paham dengan berita yang kita dapatkan tersebut.
Pemateri selanjutnya, Heri aprizal selaku koordinator bidang data dan informasi AJI Bengkulu menyampaikan materi terkait hoaks di ranah media. Beliau menekankan untuk berhati – hati membaca informasi dari media2 yang tidak terpercaya. Dan beliau juga sempat memberi arahan pada peserta terkait cara cek fakta di tools2 yang bisa membantu netizen untuk melakukan cek fakta. Kegiatan ini juga tak luput dari partisipasi sponsor yaitu minumin dan BKKBN yang ikut andil dalam mensukseskan kegiatan ini.
Roadshow literasi digital masih akan terus digelar. Tentunya dengan tema2 yang tak kalah menarik dan tetap mengedukasi masyarakat bengkulu agar makin cakap digital

Jawara internet sehat adalah pegiat literasi digital dari seluruh provinsi di Indonesia yang nantinya akan menginisiasi kegiatan literasi digital di daerahnya masing2 dengan tujuan agar masyarakat di daerahnya makin cakap digital. Isue besar yang dibawakan jawara internet sehat adalah Hoaks dan Data pribadi. Jawara internet sehat lahir dari kerjasama antara Ict watch dan Whatsapp yang didukung oleh kemenkominfo, KPCPEN, Mafindo, dan stake holder terkait.

buat yang penasaran dengan keseruan workshop literasu digital jaWara Internet Sehat Bengkulu kemarin. Yuk tonton selengkapnya di

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *