JaWAra di Negeri Istana Siak Sri Indrapura

JaWAra di Negeri Istana Siak Sri Indrapura

Ruang Digital ” Menepis Hoaks Covid-19 dan Tingkatkan Keamanan Digital ” | Assistancing and Strengthening ” Digital Literacy Education ” | Digital Literacy Series

Masuknya wabah COVID-19 di Indonesia memberikan  peluang  sekaligus  tantangan  baru  bagi  masyarakat  di dunia digital. Peluang muncul dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan beragam penggunaan  untuk berbagai  macam aktivitas produktif,  termasuk  bekerja dan  belajar.  Akan tetapi  hal ini juga beriringan  dengan  munculnya  beragam  tantangan, seperti  makin  maraknya dan berkembangnya berita dan informasi hoaks/disinformasi terkait  COVID-19 dan Vaksinasi, tantangan terkait privasi dan data pribadi di internet dan berbagai kriminal phising and scamming yang dilakukan oleh para pelaku yang tidak bertanggungjawab di era digital saat ini.

Konsep dan tema kegiatan Assistancing and Strengthening “ Digital Literacy Education “  dengan menghadirkan Ruang Digital “ Menepis Hoaks dan Tingkatkan Keamanan Digital “ ini dilaksanakan dengan konsep webinar luring dengan membangun kerjasama dan kolaborasi bersama SMP Negeri 1 Mempura Kabupaten Siak sebagai bagian dan upaya untuk mengimplementasikan nilai edukasi dan literasi digital dengan harapan semoga melalui program ini mampu mewujudkan pendidik dan peserta didik yang cerdas literasi dan cakap digital.

Galeri Kegiatan Ruang Digital di SMP Negeri 1 Mempura

Pada kegiatan ini, hadir Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Bapak Fahrurrozi, M.Pd. Dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi, beliau memberikan apresiasi sebesar-besarnya dengan program yang dihadirkan sebagai langkah kita bersama dalam menyikapi dan menghadapi berbagai tantangan dunia digital yang terus berkembang pesat khususnya terkait hoaks dan juga keamanan data pribadi dan akun media sosial yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari dan di kesempatan yang sama, beliau mengarahkan agar program ini dapat dilaksanakan secara daring untuk seluruh guru dan peserta didik di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.

Winda Harniati, M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 1 Mempura menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan ini sebagai upaya kita bersama khususnya guru, peserta didik dan sektor pendidikan. Hal ini menjadi tanggungjawab dan kewajiban kita bersama dalam meningkatkan kecakapan dan literasi digital agar kita memiliki keterampilan dan langkah yang tepat sehingga kita bisa aman dan merasa nyaman di era digital saat ini dan ke depannya.

Dalam perjalanan menjalankan kegiatan, beberapa upaya dan komunikasi telah dilakukan dengan menyampaikan permohonan kerjasama bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Siak sebagai langkah bersama untuk menjalankan program edukasi dan literasi digital untuk seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Siak.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan dengan batasan jumlah peserta yang merupakan unsur dari tenaga pendidik dan peserta didik SMP Negeri 1 Mempura Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *