Web Analytics Made Easy - Statcounter
Menjangkau Literasi Digital di Kota Bau-Bau - jaWAra Internet Sehat

Sri Putri Wulandari, jaWAra Internet Sehat Sulawesi Tenggara, melakukan mengawali Roadshow Literasi Digital untuk lawan hoaks dan menjaga data pribadi di Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Segala hal dipermudah dengan kehadiran internet. Kita bisa menemukan informasi apa saja baik yang terdahulu hingga terkini. Apalagi sekarang semua orang sudah memiliki ponsel pintar yang bisa digunakan kapan dan di mana saja. 

Informasi juga banyak ditemukan di media sosial dengan beragam perspektif dan opini berkembang yang bisa ditilik di kolom komentar. Bahayanya, banyak sekali informasi yang seakan-akan meyakinkan padahal sumbernya tidak jelas.

Di sini, Sri Putri Wulandari sebagai jaWAra Internet Sehat dari Sulawesi Tenggara ingin menyampaikan keresehannya karena kesadaran masyarakat khususnya anak muda perlu ditingkatkan lagi dalam memfilter informasi. Kemudian, ia memulai kegiatan RoadShow mengenai hoaks dan pelatihan tentang melindungi dan. menjaga data privasi di media sosial.

Pada 28 Juli 2022, ia mengawali Roadshow di Baruga La Ode Malim, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Sulawesi Tenggara. Kegiatan kali ini bertemakan Pelajar Bersih Tanpa Hoaks dan Cara Menjaga Data Privasi di Media Sosial.

Acara ini dibuka Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin Ir. LM Samsul Qamar, MT IPU.

Ia berhasil menjangkau lebih dari 100 orang untuk diedukasi tentang cara menganalisis berita hoaks, verifikasi kebenaran informasi, hingga menjaga keamanan data pribadi di dunia media sosial dengan narasumber Al Ikhsan Muis Malik dari anggota Relawan TIK dan Rikfan dari Organisasi Pegiat Media Sosial. 

Aditya Warman Sili, salah satu mahasiswa daru Universitas Dayanu Ikhsanuddin, megaku tertarik dengan pemaparan materi narasumber. Ia juga tertarik karena ingin tahu kegiatan jaWAra Internet Sehat dan bahkan setelah mengikuti acara hingga akhir, ia ingin bergabung pada kegiatan jaWAra Internet Sehat pada tahun mendatang. 

Dalam kegiatan ini hadir pula Dekan Fakultas Teknik, Ketua Program Studi Teknik Informatika, Ketua Himpunan sebagai Mitra Pendukung, Ketua RIC, Ketua SMI dan beberapa tamu undangan dari luar kota. (MND)