Web Analytics Made Easy - Statcounter
Jaga Data Pribadi Anak agar Aman di Media Digital - jaWAra Internet Sehat

Cristina Setianingrum, JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah menyambangi lokasi ketiga Roadshow CARICA di Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Bersama Diskominfo Wonosobo dan FORKOS, Ia mengedukasi anak MTS dan SMK di Kepil agar cakap digital untuk masa depan yang lebih baik.

Era digital mengharuskan siapa saja untuk melakukan adaptasi akan perkembangan teknologi, termasuk anak-anak. Namun kemajuan ini selain memberi dampak baik akan kemudahan mendapatkan informasi, juga diiringi dengan dampak buruk. Seperti banyaknya kejahatan digital serta menurunnya prestasi anak karena tidak mampu mengimbangi waktu bermain gadget dan belajar.

Kecakapan media digital menjadi kunci yang layaknya dimiliki generasi muda agar tidak salah memanfaatkan penggunaan internet. Untuk itu Roadshow CARICA ketiga kali ini mengajak anak-anak untuk cakap digital dengan memanfaatkan internet secara aman dan nyaman. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Oktober 2022 di Kecamatan Kepil, daerah yang terkenal dengan suasana dinginnya.

Meskipun ditemani rintik hujan, 35 anak perwakilan MTS dan SMK di Kecamatan kepil tetap semangat menghadiri roadshow CARICA. Tampak pula hadir guru pendamping dari sekolah masing-masing untuk ikut mendengarkan materi mengenai literasi digital.

Roadshow dibuka dengan isian materi tentang Data Pribadi Digital oleh perwakilan dari Diskominfo Wonosobo. Materi disampaikan dengan dialog interaktif dan banyak menggunakan bahasa ibu agar lebih dekat dengan peserta.

Materi dilanjutkan oleh 2 anggota Forum anak yaitu Nayla dan Fajar. Mereka membawakan materi tentang Informasi Layak Anak untuk pencegahan Jo Kawin Bocah. Ada 4 Aspek yang dibahas agar anak-anak dapat terlindungi yaitu di bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, serta Perlindungan Anak/Hak Anak. Pada kesempatan itu juga dibuka pendaftaran aplikasi Jogo Konco (Web 2P – Pelopor & Pelapor untuk Anak Jawa Tengah).

Sesi akhir materi diisi oleh JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah mengenai #BertemanAman & Sharenting sebagai upaya memberikan edukasi pada anak-anak di Kepil agar tidak mudah terjebak hal-hal negatif di internet.

Seperti roadshow sebelumnya yang selalu menyelipkan permainan seru. Di roadshow ketiga kali ini, pemateri juga memberikan games menarik yaitu Angin Berhembus & Menjadi Belalang. Maksud dari permainan ini adalah untuk melatih konsentrasi dan kepekaan pada sekitar terutama mengenai isu dunia digital saat ini.

Peserta yang hadir sangat antusias karena materinya sangat tepat dengan keadaan yang mereka alami sekarang. Seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta bernama Aik, “Wow kalau aku seneng dengan materinya apalagi tentang Jaga Data Privasi.”

Setelah Kecamatan Kepil, JaWAra Internet Sehat Jawa Tengah akan mengunjungi lokasi lain di Kabupaten Wonosobo. Sampai jumpa di Roadshow “Cakap Digital Raih Masa Depan Ceria” selanjutnya. (ria)