Web Analytics Made Easy - Statcounter
Generasi Baru Indonesia Paham Digital - jaWAra Internet Sehat

Bayu Satria, Cut Damara, T. Tiara Mahendra | jaWAra internetsehat Aceh

Selama dua hari kegiatan jawara roadshow 2 bersama mitra GENBI Aceh terlaksana di perkemahan gunung batok. Di hari pertama kegiatan dimulai dengan pengenalan peserta, literasi uang dari Bank Indonesia, diskusi terfokus, dan ditutup dengan malam ekspresi api unggun.

Di hari kedua kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan dan seminar tentang pentingnya literasi digital yang dipandu langsung oleh jaWAra perwakilan Aceh, pada seminar ini dijelaskan pentingnya literasi digital dan juga cakap digital bagi masyarakat karena jika dengan pemanfaatan yang baik dunia digital dapat menjadi wadah pertumbuhan ekonomi, budaya dan lainnya.

Sore hari dilanjutkan dengan FGD digital yang menghasilkan beberapa pernyataaan tentang masalah keamanan digital yang masih kurang di Aceh sampai dengan kekerasan berbasis digital.

Pada FDG ini pula terdapat hal menarik di mana beberapa peserta mengaku bahwa mereka pernah merasakan pengalaman penggunaan digital yang tidak mengenakkan, bahkan ada dari peserta yang menjadi korban kekerasan berbasis digital.

“Dulu aku pernah jadi korban bully di sosial media bahkan sampai foto aib aku disebar sama orang yang tidak bertanggung jawab down banget mental aku, tapi setelah kegiatan ini aku akan mulai peduli dengan keamanan digital di sosial media aku. Perlu belajar lebih banyak sih tentang literasi digital, makasih jawara keren banget kegiatannya aku jadi tau bahwa digital itu bahaya banget kalau digunakan dengan salah.” Ungkap Yeni mastura, peserta dari Sabang.

“Keren kegiatannya, jarang banget dapat ilmu tentang literasi digital, karena dari kecil udah ga jauh-jauh dari yang namanya digital aku kira udah paling tau tentang dunia digital ternyata enggak banyak banget yang masih salah persepsi tentang digital khususnya tentang keamanan digital dan kekerasan berbasis digital.” Kesan Salsabila wardani, peserta dari Banda Aceh.

Para peserta juga berdiskusi tentang hal-hal apa yang bisa dilakukan anak muda untuk meningkatkan literasi digital dimasyarakat mulai dari membuat konten-konten tentang literasi digital sampai dengan memberikan edukasi kepada orang terdekat terlebih dahulu seperti orang tua dan keluarga.

Muhammad hafidz salah seorang peserta dari Banda Aceh) menyampaikan kesannya, “Kegiatan roadshow jawara ini sangat bagus, karena penting banget bagi kita khususnya anak muda untuk paham digital dan karena kita juga setiap hari ga bisa jauh dari yang namanya digital mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dengan kegiatan ini juga aku jadi paham bahwa banyak banget dampak positif dan negatif dari dunia digital.”